Senin, 25 Januari 2021

SEJARAH PELABUHAN TANJUNG EMAS SEMARANG

A.Berdirinya Pelabuhan Tanjung Emas. 

Pelabuhan Tanjung Emas berada di wilayah Semarang. Pada awal mulanya Pelabuhan Tanjung Emas menempati daerah Argo Simongan. 

Pesisir laut Jawa perlu fasilitas maritim yang memadai. Maka pada tahun 1519 tokoh kelautan dari Karaton Demak Bintara mendapat tugas membangun pelabuhan. 

Tokoh maritim itu bernama Ki Ageng Pandhanaran. Sejarah Kabupaten Semarang memiliki posisi strategis dalam kancah peradaban Jawa. pendiri Semarang bernama Ki Ageng Pandhanaran merupakan keturunan Kasultanan Demak yang berkepribadian paripurna. Di kalangan Kejawen beliau juga dikenal dengan gelar Sunan Tembayat. 

Segera Ki Ageng Pandanaran membangun pelabuhan Tanjung Emas. Sebuah nama yang memberi harapan emas. Yakni keberuntungan yang jaya, wibawa dan mulia. 

Ki Ageng Pandhanaran tampil sebagai pemimpin yang waskitha ngerti sakdurunge winarah. Menejemen pelabuhan Tanjung Emas dilakukan dengan prinsip prinsip transparansi. 

Tokoh penting dari Semarang yaitu Kanjeng Ratu Wetan, cucu Pangeran Benowo Pajang. Beliau menjadi garwa prameswari Sinuwun Amangkurat Tegalarum, yang menurunkan Gusti Raden Mas Drajad. Pada tahun 1647 beliau membuat pelatihan dasar dasar menejemen maritim. 

Kelak bergelar Sinuwun Paku Buwana I, raja Mataram yang beribukota di Kartasura. Garis keturunan Semarang ini melahirkan raja Jawa, trah kusuma rembesing madu. Darah Semarang menurunkan raja raja Jawa. 

Kedudukan Kabupaten Semarang yang menjadi sentral historis, politis, sosiologis dan ekonomis cukup diperhitungkan dalam kancah diplomasi kenegaraan di Asia Tenggara. Generasi muda perlu mengetahui seluk beluk sejarah lokal, demi menatap masa depan yang lebih gemilang. 

Bakat kepemimpinan para pendiri Kabupaten Semarang hendaknya ditelusuri perjalanan sejarahnya. Sunan Pandhanaran adalah putra Pati Unus. Jadi Pandhanaran masih cucu Raden Patah, raja Demak Bintara. Beliau mendirikan Kabupaten Semarang pada tanggal 12 Rabiul Awal 927 H atau 15 Maret 1521. Nama kecil Pandhanaran yaitu Made Pandan. Karena besar jasanya dalam menyiarkan agama, lantas orang memberi sebutan Sunan Pandhanaran.

Kepribadian Ki Ageng Pandhanaran dalam mengelola Kabupaten Semarang dipengaruhi oleh faktor historis, sosiologis, filosofis dan theologis. Faktor historis terkait dengan leluhur Ki Ageng Pandhanaran yang masih keturunan Kraton Demak dan Majapahit. 

Watak kenegarawanan dibentuk oleh tradisi yang selalu labuh labet marang praja. Faktor sosiologis Ki Ageng Pandhanaran terkait dengan letak Semarang yang kosmopolis. Sepanjang pantai utara tanah Jawa menjadi tempat pelabuhan pelayaran dan perdagangan. 

Tentu saja Semarang menjadi kawasan yang memiliki nilai jual secara ekonomis. Contoh yang nyata adalah industri mebel yang terkenal di Jepara. Kerajinan kayu jati memunculkan orang kaya seperti Sunan Hadirin. Bersama dengan Kanjeng Ratu Kalinyamat, Sunan Hadirin berhasil membangun kerajaan bisnis. Beliau tampil sebagai donatur kraton Demak dan kraton Pajang.

Pemikiran filosofis tentang menejemen pelabuhan  Ki Ageng Pandhanaran banyak dipengaruhi oleh ajaran Hindu, Budha dan Islam yang amat selaras. Praktek theologis dengan pendekatan akulturasi budaya membuat Ki Ageng Pandhanaran menjadi penyebar agama Islam diterima oleh semua kalangan. 

Maklum Ki Ageng Pandhanaran merupakan murid kesayangan Kanjeng Sunan Kalijaga. Tampil sebagai ulama dan umara setelah berguru kepada Sunan Kalijaga. Sebelumnya Adipati Pandhanaran diberi ujian berupa kekayaan emas. Ternyata Adipati Pandhanaran lulus ujian.

Sunan Kalijaga menyuruh pergi ke Gunung Jabalkat. Letaknya sebelah selatan kota Klaten, yaitu daerah Bayat. Ditengah jalan Sunan Pandhanaran bertemu dengan begal yang mencoba merampas harta benda istrinya. Begal yang merampok itu bernama Sambang Dalan. Dikutuk berubah menjadi seekor domba. Ketika perampok itu menjadi murid Ki Ageng Pandhanaran namanya adalah Syekh Domba. 

Selama tinggal di Gunung Jabalkat, Ki Ageng Pandhanaran menjadi pelopor hidup gotong royong atau tembayatan. Maka daerah Ki Ageng Pandhanaran disebut Tembayat. Berkat jasanya ini maka masyarakat selalu meneladani. 

Setelah wafat dimakamkan di bukit Cakra Kembang Desa Paseban kecamatan Bayat Klaten Jawa Tengah. Pusaka warisan Ki Ageng Pandaran tiap Sura dijamas yaitu Tombak Ki Ageng Bayu dan Tombak Trisula.

Berdirinya pelabuhan Tanjung Emas dengan tokoh utama Ki Ageng Pandhanaran. Bangsawan Demak Bintara memang ahli soal kelautan. 

B.Pengelola Pelabuhan Menjalin Kerja Sama. 

Kerja sama mutlak diperlukan. Pengelola Tanjung Emas berhubungan baik dengan para Adipati Semarang. Prinsip saling menghormati dijunjung tinggi. 

Hak kelola Pelabuhan Tanjung Emas pada jaman Kraton Pajang sejak tanggal 1 Juli 1546. Kepemimpinan pelabuhan ditangani oleh Ki Ageng Panjawi, ahli maritim dari Pati. 

Maju sejahtera makmur semakin nyata saat pelabuhan Tanjung Emas dikelola Karaton Mataram. Sinuwun Prabu Hadi Hanyakrawati pada tahun 1607 membangun pusat pengolahan hasil laut yang dekat dengan fasilitas lalulintas. 

Kejayaan maritim unggul di tingkat Asia Tenggara pada jaman Sinuwun Amangkurat Agung. Raja Mataram ini tahun 1652 merintis usaha pemberdayaan laut. Beliau malah melatih pemuda untuk belajar keamanan laut di negeri Samudra Pasai Aceh. 

Sinuwun Paku Buwana IX raja Surakarta Hadiningrat meneruskan kejayaan Pelabuhan Tanjung Emas. Tahun 1864 membangun mercusuar gula. Bertempat di gedung batu. Tabun 1872 dibangun fasilitas jalan pelabuhan yang menghubungkan dengan jalur kereta api.

Tahun 1884 dibangun saluran besar yang langsung menembus akses kota Semarang. Bangunan ini bernama Niewe Havenkanal. Orang Jawa menyebut Kanal Baroe.

Kemegahan pelabuhan Tanjung Emas terjadi tahun 1910. Sinuwun Paku Buwana X raja Surakarta Hadiningrat mengusahakan menjadi pelabuhan berkelas internasional. Beliau mendapat gelar gelar Sinuwun Ingkang Minulya saha Wicaksana. 

Berturut pimpinan Semarang yang menjadi mitra pelabuhan Tanjung Emas. Mereka tercatat dengan sangat baik sebagai penggerak kemajuan lalulintas laut. 

1.Ki Ageng Pandhanaran atau Pangeran Mangkubumi I 1521-1553. Dilantik pada masa pemerintahan Kanjeng Sultan Trenggana Raja Demak.

2.Pangeran Ketib 1553-1586. Dilantik pada masa pemerintahan Kanjeng Sultan Hadiwijaya Raja Pajang.

3.Pangeran Menggala 1586-1589. Dilantik pada masa pemerintahan Kanjeng Panembahan Senopati Raja Mataram Kota Gedhe.

4.Pangeran Nayamerta 1589-1605. Dilantik pada masa pemerintahan Kanjeng Panembahan Senopati Raja Mataram Kota Gedhe.

5.Pangeran Arya Wangsa 1605-1620. Dilantik pada masa pemerintahan Kanjeng Prabu Hadi Anyakrawati Raja Mataram Kota Gedhe.

6.Pangeran Khalifah 1620-1648. Dilantik pada masa pemerintahan Kanjeng Sultan Agung Raja Mataram Pleret.

7.Tumenggung Tambi 1648-1659. Dilantik pada masa pemerintahan Kanjeng Sinuwun Amangkurat Agung Raja Mataram Pleret.

8.Tumenggung Yudonegoro 1659-1679. Dilantik pada masa pemerintahan Kanjeng Sinuwun Amangkurat Agung Raja Mataram Pleret.

9.Tumenggung Mertoyudo 1679-1709. Dilantik pada masa pemerintahan Kanjeng Sinuwun Amangkurat Amral Raja Mataram Kartasura.

10.Tumenggung Astroyudo 1709-1723. Dilantik pada masa pemerintahan Kanjeng Sinuwun Paku Buwana I Raja Mataram Kartasura.

11.Tumenggung Surohadimenggolo I 1723-1734. Dilantik pada masa pemerintahan Kanjeng Sinuwun Amangkurat Jawi Raja Mataram Kartasura.

12.Tumenggung Surohadimenggolo II 1734-1742. Dilantik pada masa pemerintahan Kanjeng Sinuwun Paku Buwana II Raja Mataram Kartasura.

13.Tumenggung Surohadimenggolo III 1742-1751. Dilantik pada masa pemerintahan Kanjeng Sinuwun Paku Buwana II Raja Mataram Surakarta.

14.Tumenggung Surohadimenggolo IV 1751-1779. Dilantik pada masa pemerintahan Kanjeng Sinuwun Paku Buwana III Raja Mataram Surakarta.

15.Tumenggung Surohadimenggolo V 1779-1803. Dilantik pada masa pemerintahan Kanjeng Sinuwun Paku Buwana IV Raja Mataram Surakarta.

16.Tumenggung Surohadimenggolo VI 1803-1822. Dilantik pada masa pemerintahan Kanjeng Sinuwun Paku Buwana IV Raja Mataram Surakarta.

17.Tumenggung Surahadiningrat 1822-1836. Dilantik pada masa pemerintahan Kanjeng Sinuwun Paku Buwana V Raja Mataram Surakarta.

18.Tumenggung Reksonegoro 1836-1849. Dilantik pada masa pemerintahan Kanjeng Sinuwun Paku Buwana VII Raja Mataram Surakarta.

19.Tumenggung Suryakusumo 1849-1869. Dilantik pada masa pemerintahan Kanjeng Sinuwun Paku Buwana VII Raja Mataram Surakarta.

20.Tumenggung Reksodirjo 1869-1883. Dilantik pada masa pemerintahan Kanjeng Sinuwun Paku Buwana IX Raja Mataram Surakarta.

21.Tumenggung Purbaningrat 1883-1912. Dilantik pada masa pemerintahan Kanjeng Sinuwun Paku Buwana IX Raja Mataram Surakarta.

22.Tumenggung Tjokrodipuro 1912-1927. Dilantik pada masa pemerintahan Kanjeng Sinuwun Paku Buwana X Raja Mataram Surakarta.

23.Tumenggung Subijono 1927-1940. Dilantik pada masa pemerintahan Kanjeng Sinuwun Paku Buwana X Raja Mataram Surakarta.

24.R.M. Amin Sujitno 1940-1943. Dilantik pada masa pemerintahan Kanjeng Sinuwun Paku Buwana XI Raja Mataram Surakarta. Keadaan menjadi tegang pada masa pemerintahan pendudukan Jepang. 

25.R.M.A.A. Soekarman Mertohadinegoro 1943-1945. Dilantik pada masa pemerintahan Kanjeng Sinuwun Paku Buwana XI Raja Mataram Surakarta.

26.R. Soedijono Taroena Koesoemo 1945-1946. Dilantik pada masa pemerintahan Presiden Soekarno. Awal kemerdekaan masih banyak hal yang perlu dibenahi. 

27.M. Soemardjito Prijohadisoebroto 1946-1949. Dilantik pada masa pemerintahan Presiden Soekarno.

28.R.M. Condronegoro 1949. Dilantik pada masa pemerintahan Presiden Soekarno. Pemerintahan disibukkan oleh perang kemerdekaan. 

29.M. Soemardjito Prijohadisoebroto 1949-1952. Dilantik pada masa pemerintahan Presiden Soekarno. Pasca perang kemerdekaan, kehidupan normal kembali. 

30.R. Oetoyo Kusumo 1952-1956. Dilantik pada masa pemerintahan Presiden Soekarno. Pemimpin dan rakyat saling membantu. 

31.Drs. Iswarto 1969-1979. Dilantik pada masa pemerintahan Presiden Soeharto. Pembangunan segala bidang sangat gencar dilakukan. 

32.Ir. Soesmono Martosiswojo 1979-1985. Dilantik pada masa pemerintahan Presiden Soeharto. Suasana yang kondusif memperlancar proses pembangunan. 

33.Drs. Sardjono 1985-1987. Dilantik pada masa pemerintahan Presiden Soeharto. Pertanian, perkebunan dan peternakan berkembang pesat. 

34.Drs. Hartomo 1987-1992. Dilantik pada masa pemerintahan Presiden Soeharto. Kesejahteraan rakyat menjadi program utama. 

35.Drs. Sudijatno 1992-1999. Dilantik pada masa pemerintahan Presiden Soeharto. Kepemimpinan periode ini mengalami masa transisi reformasi. 

36.H. Bambang Guritno, S.E., M.M. 1999-2006. Dilantik didampingi pada masa pemerintahan Presiden Abdurrahman Wahid. Didampingi Wakil Bupati Ir HM Tamzil (2000-2003) dan Wakil Bupati Hj. Siti Ambar Fathonah (2005-2006). Kekompakan ditunjukkan dengan kerja keras. 

37.Hj. Siti Ambar Fathonah, S.PdI 2006-2010. Dilantik didampingi pada masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Pimpinan daerah senantiasa membawa kesejukan dan kedamaian. 

38.Dr. H. Mundjirin ES, Sp.OG 2010-2015. Dilantik didampingi pada masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Didampingi Wakil Bupati Ir. Warnadi, MM. Pimpinan pada periode ini selalu berpihak pada rakyat agar sejahtera lahir batin. 

39.Dr. H. Mundjirin ES, Sp.OG 2015-2020. Dilantik pada masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Didampingi Wakil Bupati Ngesti Nugraha, SH. Kepemimpinan periode ini cukup banyak bermanfaat bagi rakyat. 

40. Ngesti Nugraha dan Basari 2021 – 2024, terpilih pada masa kepemimpinan Presiden Joko Widodo

Daftar bupati Semarang sebelum tahun 1945 tertulis secara jelas dalam kitab Jawa Kuna yang tersimpan dalam perpustakaan Reksa Pustaka Kraton Surakarta Hadiningrat. Buku-buku literatur kuna tersebut tertulis dalam bahasa Jawa Kawi. Literatur warisan nenek moyang tersebut perlu dibaca, dikaji dan dihayati demi pengembangan ilmu pengetahuan. Kabupaten Semarang menjadi pusat pengkajian kawruh kasampurnan. 

Kemajuan Kabupaten Semarang sudah barang tentu berhubungan langsung dengan kelancaran Pelabuhan Tanjung Emas. Pemimpin Pelabuhan Tanjung Emas bekerja dengan mewujudkan keselarasan sosial. 

C. Peran Pelabuhan Tanjung Emas dalam Pengembangan Budaya. 

Perkembangan Pelabuhan Tanjung Emas selalu berperan dalam pembinaan seni edi peni, budaya adi luhung. Oleh karena itu pengembangan seni budaya Semarangan dianggap penting. Ada hubungan 

Kabupaten Semarang mengembangkan seni budaya Jawa secara kreatif. Maka muncul gagrag Semarangan. Pelaku seni budaya Semarang mengembangkan kebudayaan tetap berpedoman pada pakem yang telah diwariskan oleh para leluhur.

Kaitan seni dengan pelabuhan amat erat. Tradisi pengelola pelabuhan Tanjung Emas membuat tradisi ritual untuk tolak balak laut. 

1. Simpang Lima

Simpang Lima Riya lapangan Pancasila

Semarang ngumandhang pranyata serbaguna

Swasana rame rakyat gedhe atine

Ing Jawa Tengah kabeh padha ambangun


Jroning kutha tekan desa ngadesa, 

saben dina minulya

Simpang Lima piguna upacara keperluan umum

Simpang Lima Riya ing kutha Semarang

Keindahan kota Semarang dibuat lelagon dengan begitu indah dan memikat. Unsur seni dan sosial berpadu dengan cukup selaras. Kawasan simpang lima menjadi topik sentral. Banyak tokoh yang turut serta menjaga keindahan kota Semarang. Kota Semarang dipimpin pertama kali oleh Ki Ageng Pandhanaran, trah Kratoh Demak Bintoro. Kemegahan kota Semarang dibangun pada masa Sinuwun Paku Buwono I. 

Beliau lahir di Semarang dengan nama Gusti Raden Mas Drajat pada tahun 17 12 telah merehap Pelabuhan Tanjung Emas. Ini dikerjakan atas saran Kanjeng Ratu Wiratsari, garwa prameswari Sinuwun Amangkurat I raja Mataram. 

2. Goyang Semarang

Klintong-klintong numpak andhong

Ngebel klingkong. Klingkong. 

Grayah-grayah sake kothong kanthong bolong. Bolong

Akhike ngadhang adhendhang goyang Semarang. 

Iringane bonang kendhang rebab gambang. 

Ilang samar atiku ora sumelang. 

Ora cemplang ngumandhang goyang Semarang. 

Tiap tahun Pelabuhan Tanjung Emas melakukan gelar seni budaya. Lagu populer di Semarang ini menggambarkan suasana perkotaan dengan sentuhan andhong tradisional. Ternyata kehidupan modern dapat beriringan dengan situasi yang berbau klasik. Dengan demikian modernitas tetap hidup berdampingan dengan tradisi. Ki Narto Sabdo telah melambungkan nama Semarang. Banyak tokoh yang aktif, memajukan wilayah Semarang.

3.Identitas Jawa Tengah. 

Mungguh sumbere, e wawasan nusantara. 

dadi paugeran raharjane bangsa. 

tri gatra panca gatra. kang ginayuh

trus binudi. supaya lestari jejeg santosa. 

mujudake tata tentrem kerta raharja ing Jawa Tengah. 

sumbere budaya agung mrih lestarining bangsa. 

strategi wawasan identitas Jawa Tengah. 


Bab panca gatra Ideologi Pancasila. 

nindakake demokrasi Pancasila. 

ekonomi ngleksanakake pasal

telung puluh telu UUD empat puluh lima. 

sosial budaya tansah angleluri kapribaden bangsa. 

katentremaning bebrayan rancaking pembangunan. 

strategi wawasan identitas Jawa Tengah.  

Harap diingat bahwa Pelabuhan Tanjung Emas telah memberi kontribusi yang berarti bagi Jawa Tengah. Kota Semarang sebagai kiblat pemerintahan propinsi Jawa Tengah seyogyanya merasa bangga mempunyai tokoh budaya Jawa yang bernama Ki Nartosabdo. Beliau telah mewariskan rumusan luhur  yang berkaitan dengan cara pandang rakyat Jawa Tengah dalam mengungkapkan jati dirinya. 

Layak sekali jika Pelabuhan Tanjung Emas memberi perhatian pada seni budaya. Ketika Ki Narto Sabdo wafat, Gubernur Supardjo Rustam memerintahkan menyanyikan lagu Identitas Jawa Tengah. Bukti untuk menghormati. Perlu diusulkan untuk menjadi pahlawan budaya.

Berhubungan dengan pembangunan maritim, dari Semarang muncul lagu Prau Layar. Ki Nartosabdo mendukung aktivitas pelabuhan Tanjung Emas. 

Prau Layar. 

Yo kanca ing gisik gembira. Alerap lerap banyune segara. Anggliyak numpak prau layar. Ing dina Minggu keh pariwisata. 

Alon praune wis nengah. Byah byuh byah banyu wis nengah. Ora jemu jemu karo mesem ngguyu. Ngilangake rasa lungkrah lesu. Adhik njawil mas, jebul wis sore. 

Witing kelapa katon ngawe awe. Prayogane becik bali wae. Dene sesuk esuk tumandang nyambut gawe. 

Kesadaran maritim dari Pelabuhan Tanjung Emas bersifat historis sekaligus estetis. Pada praktek lapangan tentu mengutamakan aspek logis etis. Inilah wujud darma bakti bagi ibu pertiwi. 

D. Sesaji Pengelola Pelabuhan di Wilayah Pegunungan. 

Pengelola pelabuhan Tanjung Emas sadar ekologi. Pasir wukir merupakan ungkapan pedalangan yang merujuk pada faktor keselarasan. 

Pasir samudra, wukir gunung. Pratandha negari kang ngungkure pegunungan, nengenaken pasabinan, ngeringaken benawi, mangku bandaran agung. 

Sesaji wukir hadi dilakukan oleh Ki Ageng Pandhanaran demi keselamatan bersama. Bertempat di gunung Merbabu, Telamaya, Kendhalisada, Ungaran dan Kendheng. Upacara adat dipimpin oleh Kanjeng Sunan Kalijaga dari peguron Kadilangu. Terlebih dulu minta restu pada Sultan Demak Bintara. 

1.Gunung Merbabu

Di antra kaki Gunung Merbabu dan kaki Gunung Merapi yang berdiri berjajar, ada gunung kecil yang disebut dukuh Candhi. Jalannya menanjak hingga tiba di puncak. Disitu mereka melihat kuburan tanpa cungkup, hanya diteduhi pohon cempaka. 

Kuning putih bunganya bertaburan semerbak harum mewangi. Kuburan itu bercahaya menyinari alam sekitar. Menurut cerita orang-orang tua, itu makam raja Majapahit, Sang Prabu Brawijaya III.  

Di sebelah utara, terlihat air Rawa Pening luas, di tengah telaga terlihat pulau mengapung menurut tiupan angin, ke timur, barat, ke tengah ke utara serta ke selatan. Tidak ada tumbuh pohon kayu yang besar. Yang terlihat hanyalah rumput katang yang berwarna hijau menarik hati. 

2. Gunung Telamaya

Jaka Tingkir pernah bertapa di Gunung Telamaya, bermimpi kejatuhan bulan, bersamaan dengan bergetarnya gunung, bergemuruh suaranya sehingga aku kaget. Mimpi itu sangat baik, itulah raja mimpi. Ki Ageng Sela menyuruhnya untuk mengabdi pada Kanjeng Sultan Demak, disitulah tabir mimpi akan terkuak. Ki Ageng Sela meminta agar keturunannya besok diperbolehkan meneruskan wahyu.

Jaka Tingkir kemudian pergi ke Demak. Saat itu yang memerintah negara Demak adalah Putra Raden Trenggana, bernama Kanjeng Kanjeng Sultan Jimbun Pameksa. Jaka Tingkir telah lama mengabdi disana, dikasihi oleh raja serta diserahi tugas sebagai lurah tamtama. Jaka Tingkir diambil sebagi anak oleh raja serta diperbolehkan masuk istana. 

Raja berkehendak menambah perwira tamtama, tapi harus melalui pendadaran dengan menempeleng kepala kerbau hingga remuk. Ada seorang dari Kedu Pingit, bernama Dadungawuk. Wajahnya kaku, jelek dan dia sering menyombongkan kesaktiannya. Dia hendak mengabdi ke Demak sebagai tamtama. Dia sudah melapor kepada lurah Tamtama. 

Dadungawuk ditanya, apakah dia sangup dicoba untuk ditusuk. Dia menyanggupinya. Jaka Tingkir mendekatinya serta memasukkan sadak di dada Dadungawuk dada pecah dan mati. Perwira tamtama yang ada di depan diperintahkan menusuknya dengan keris. 

Mayat Dadungawuk luka berat disekujur tubuhnya. Hal itu didengar oleh raja. Beliau marah sekali. Jaka Tingkir diusir dari negara Demak. Jaka Tingkir sangat kecewa mengingat kelakuannya sendiri. Di Gunung Kendeng, Jaka Tingkir bertemu dengan Ki Ageng Butuh. 

3.Gunung Ungaran

Letak gunung Ungaran berdekatan dengan kota Ungaran sebagai ibukota kabupaten Semarang. Terlihat dari kejauhan begitu indah, megah, gagah, segar, bugar. Para pengendara dari Yogyakarta menuju kota Semarang, akan melihat gunung Ungaran yang berdiri dengan kokoh.

Hawa di sekitar pegunungan Ungaran ini sangat sejuk dan bersih. Cocok buat pemukiman para sesepuh lansia yang memerlukan lingkungan sehat. Perlu pengembangan wisata gunung agar Ungaran semakin menarik di mata para wisatawan baik yang berasal dari domestik maupun mancanegara. 

Wilayah sekitar gunung Ungaran terdapat situs peninggalan kerajaan Majapahit, Demak, Pajang dan Mataram. Benda purbakala yang tersimpan bisa digunakan sebagai sarana pembelajaran. 

4.Gunung Kendhalisada

Gunung Kedhalisada terletak di kabupaten Semarang yang menawarkan keindahan alam permai. Mata akan sedap memandang. Hati pun akan merasa tentram dengan berwisata dilingkungan gunung Kendhalisada. Karena di sana terdapat kawasan historis purbakala yang mengandung nilai etis filosofis. 

Kisah gunung Kendhalisada berkaitan dengan tokoh pewayangan yang bernama begawan Anoman. Dalam kisah Ramayana Anoman pada masa mudanya menjadi Panglima Perang Negeri pancawati. Berkat kesaktiannya Anoman dapat mengalahkan Prabu Dasamuka raja Negeri Ngalengka. Anoman mempersembahkan kembali dewi Sinta kehadapan Prabu Ramawijaya.

Pada masa tuanya Anoman menjadi brahmana di pertapan Kendhalisada. Anoman mengalami hidup yang sempurna setelah menikahkan wareng Arjuna. Mereka adalah para putra Prabu Jayapurusa atau Jayabaya raja Mamenang Kediri.

Ketiga putra raja Mamenang itu adalah Raden Jaya Amijaya menikah dengan dewi Pramesthi. Kelak dia menjadi raja di negeri Jenggala. Raden Jaya Amisena menikah dengan Dewi Pramoni. Dia menjadi raja di negeri Pengging. Raden Jaya Aminoto menikah dengan Dewi Sesanti. Kelak menjadi raja di negeri Daha. 

5. Gunung Kendheng

Deretan gunung Kendheng juga melampaui daerah Semarang bagian selatan dan timur. Mulai daerah Tengaran, Susukan dan Suruh. Pegunungan Kendheng wilayah Semarang mengikuti arus aliran kali Serang. 

Gunung Kendheng adalah pegunungan yang berjajar-jajar dari Semarang sampai ke daerah barat Surabaya. Konon ceritanya, Gunung Kendheng ini merupakan ceceran dari Gunung Mahameru atau Gunung Semeru. Gunung Semeru dipindah dari tanah Hindustan menuju pulau Jawa. Yang memboyong adalah para dewa. 

Di tengah jalan banyak yang cuwil dan tercecer. Ada yang menjadi gunung Salak, Tangkubanprahu, Galunggung, Slamet, Sundara, Sumbing, Telamaya, Merbabu, Merapi, Pandhan, Wilis, Kelut, Brama, dan Anjasmara. Selebihnya menjadi deretan pengunungan Kendheng.

Dari wilayah utara Kabupaten Semarang, Gunung Kendheng tampak membujur dari barat ke timur. Tepat membelah wilayah Semarang dengan Kabupaten Boyolali . Seolah-olah benteng kokoh yang memberi rasa aman. Warna biru dari kejauhan semakin tampak asri dan sedap bila mata memandang.

“Harapan para orang tua, jangan sampai ada halangan apa pun yang turun ke wilayah Nganjuk. Semua penyakit cukuplah berhenti di Gunung Kendheng.” 

Kata Mbah Dardjo saat memimpin slametan di sumur gedhe. Ketika mata memandang ke utara, iklim Nganjuk mudah terbaca. Apakah sedang musim hujan atau musim kemarau. Ini juga banyak dialami oleh warga Nganjuk bagian utara. 

Kayu-kayuan di sekitar Gunung Kendheng banyak ragamnya. 

Ada kayu jati, kayu sono, kayu meranti dan kayu-kayu rajek yang bisa digunakan untuk pagar. Gunung Kendheng sungguh banyak nilai mistik.

Alam pegunungan Kendheng di kabupaten Semarang amat menarik perhatian para seniman untuk melakukan kreatifitas. Lukisan tentang geografi tradisional kerap dibuat sinopsis dalam bentuk tembang yang selalu diajarkan pada anak sewaktu kecil. 

Cepu Bojonegoro, 

Lor Rembang Kidul Blora, Mengetan Tuban Babat lan Lamongan, Gresik Surabaya. 

Kemampuan orang Gunung Kendheng yang perlu dicatat adalah ngelur gaplek. Ngelur gaplek yaitu merendam gaplek untuk dijadikan gathot dan thiwul. Gaplek yang direndam beberapa hari itu akan menjadi gaplek dan thiwul yang baik. Alat rendaman yang digunakan yaitu bul atau jambangan. Bul adalah semacam bejana yang terbuat dari tanah liat. 

Hasil warga gunung dipasarkan lewat pelabuhan Tanjung Emas. Gunung dan laut habitat yang saling melengkapi. 

Kepedulian sosial masyarakat Semarang memang tinggi. ada ungkapan yang berwujud tembang parikan. Semarang kaline banjir, aja sumelang ora dipikir. Kendal kaline wungu, ajar kenal mumpung ketemu. 

Maritim Semarang layak untuk dikenang. Lautan pesisir jaya sepanjang masa. Kabupaten Semarang yang dibangun oleh Ki Ageng Pandhanaran berkembang maju pesat dan makmur.

Tanjung Emas merupakan warisan Ki Ageng Pandhanaran, setelah menjadi pemimpin kabupaten Semarang. Sekian lama menjabat bupati lantas lengser keprabon madeg pandhita. Makam beliau di Bayat Klaten. Di gunung Jabalkat Bayat Klaten. Ki Ageng Pandhanaran juga mendapat gelar sebagai Sunan Bayat. Beliau meninggalkan dunia sebelum meninggal dunia.

Pelabuhan Tanjung Emas merupakan simbol sesanti emating pati patitis. Keadaan mati secara khusnul khotimah. Sebuah wejangan luhur dari para leluhur.

Tanjung Emas Semarang merupakan Pelabuhan yang memiliki kadar sejarah. Generasi perlu perlu belajar sejarah kejayaan masa lampau yang cemerlang.

Oleh Dr Purwadi M.Hum. Ketua Lembaga Olah Kajian Nusantara LOKANTARA, hp. 087864404347

Tidak ada komentar:

Posting Komentar