Pucung Wisma Nugraha
1.
Mugi katur dhumateng priyagung luhur,
Pak Wisma Nugraha,
Dosen wasis samukawis,
Ingkang purna ngayahi pakaryan praja.
2.
Pancen perlu wejangan becik tiniru,
Tumrap para siswa,
Ing jurusan sastra Jawi,
Bapak Wisma Nugraha paring tuladha.
3.
Mbangun turut dhateng Mas Kris sarwa patut,
Sastra Nusantara,
Asung wulang warni warni,
Tata basa unggah ungguh suba sita.
2. Kinanthi Wisma Nugraha
Mas Kris dosen Bulaksumur,
Jurusane sastra Jawi,
Fakultas Ilmu Budaya,
Pawiyatan Gajah Mada,
Mbabar kawruh edi peni,
Murih kuliah gumregah,
Kinarya sangune urip.
2.
Jiwa agung tur ngrembuyung,
Folklor crita migunani
Pak Wisma Nugraha,
Rumesep sakjroning ati,
Mejang bagas ngarep kelas,
Pethingan piwulang becik.
Asmarandana Wisma Nugraha
1.
Tata titi tatas titis,
Bapak Wisma Nugraha,
Sedaya gagasan sae,
Dimen regeng pamulangan,
Gumyak sigrak dedongengan,
Bener seger mesem ngguyu,
Gawe betah mahasiswa.
2.
Caket rumaket lan murid,
Kepenak grapyak semanak,
Kuliah enjang lan sore,
Pangrasa suka gembira,
Tebih saking susah wegah,
Krasan anggone sinau,
Yekti guru dwijatama.
Sinom Wisma Nugraha
Pasinaon sastra Jawa,
Ndhudhah warisan nguni,
Nedheng kuliah ngendika,
Babagan folklor historis,
Sarwa manis lan aris,
Binabar nganti pensiun,
Kagem sagung putra wayah,
Gegondhelan jatidhiri,
Bapak Wisma Nugraha madhangi siswa.
Demikian macapat Wisma Nugraha. Lantas dikaitkan dengan analisis folklor Jawa. Yakni tentang Babad Sragen. Adapun
Babad Sragen berisi tentang keagungan dan keanggunan peradaban. Pesan luhur ini berbentuk seni pewayangan. Pagelaran wayang lakon Babad Sragen ini diselenggarakan oleh PAKASA,
(Paguyuban Kawula Kraton Surakarta Hadiningrat) cabang Kabupaten Sragen.
Keterangan tentang Babad Sukowati dengan narasumber : KRA Suparno Hadiningrat, S.Pd
(Ketua PAKASA Sragen). Selaku dalang yang memerankan cerita leluhur masa lampau. Pagelaran wayang dalam rangka menggali unsur tontonan tuntunan dan tatanan.
Urutan pagelaran lakon Babad Sragen sesuai dengan pakem pedalangan. Bermula dari pathet nem, pathet sanga dan pathet manyura.
1. Ayak Talu, Jejer Negri Pajang
Wayang : Prabu Rama (Sultan Hadiwijaya Pajang), Patih Udawa (Patih Mancanegara), Setyaki (Ki Ageng Penjawi), Samba (Pangeran Timur).
2. Keputren Pajang, gendhing Ladrang Ayun-ayun
Wayang : Banowati (Kanjeng Ratu Mas Cempaka), Limbuk Cangik.
3. Paseban Jawi, gendhing Tropong Bang
Wayang : Sengkuni, Kurawa, rampogan, kuda dan kereta.
4. Jejer Nusakambana, gendhing srempeg nem
Wayang : Balabacingah, paseban jawi sabrang an.
5. Padepokan Purwodadi, gendhing ketawang suba kastawa
Wayang : Begawan Abiyasa (Ki Ageng Butuh), Abimanyu (Tejakusuma atau Tejanegara), Semar, Gareng, Petruk, Bagong.
6. Perang Kembang, gendhing srempeg sanga kemuda
Wayang : Cakil, Togog, Bilung.
7. Kahyangan Junggringsalaka, gendhing ladrang pangkur pelog barang
Wayang : Batara Guru, Narada, Endra, Bayu, Brama, Yamadipati.
8. Wahyu Kadipaten, gendhing ladrang wahyu
Wayang : Tejakusuma dan Narada.
9. Jumenengan Bupati Sragen
Wayang : Sultan Pajang, Ki Ageng Butuh, Ki Ageng Penjawi, Samba, Pangeran Timur.
10. Ayak-ayak pamungkas.
Mata kuliah folklor Jawa yang diampu Mas Kris penuh makna. Babaran cerita Babad Sragen menjadi referensi baru. Gagrag pedalangan memadukan literasi dari Mahabharata dan Ramayana. Lantas diolah bersama dengan narasi masyarakat Sragen.
B. Berdirinya Kabupaten Sragen
Dhandhanggula
1.
Kang kababar babad Sukawati,
Rikala Sultan Hadiwijaya,
Misuda bupati Sragen,
Miwah Ki Ageng Butuh,
Ki Penjawi kersa nyekseni,
Pangarsa ing Brang Wetan,
Sedaya nyengkuyung,
Kawula sami mahargya,
Tata cara jumenengan adipati,
Kanjeng Tejanagara.
2.
Toya mili saking bumi Pengging,
Anjog rumembes kali bengawan,
Gancar mili enjang sore,
Sawah tegalan subur,
Rakyat makmur ing Sukawati,
Mataram Surakarta,
Berkahe leluhur,
Ing kutha karang padesan,
Rakyat Sragen tekun tekan amakarti,
Sembada kang jinangka.
Gambuh
1.
Sukawati misuwur,
Pinandegan pangarsa kang luhur,
Trampil gampil titis wasis samukawis,
Tejanagara ber bandhu,
Sragen tlatah ayem ayom.
2.
Wejangan Ki Ageng Butuh,
Dadi kawruh minangka pituduh,
Amrih Sragen gemah ripah loh jinawi,
Sukawati subur makmur,
Kabupaten kang mencorong.
3.
Kawula dasih nyengkuyung,
Kraton Pajang paring payung agung,
Pasir wukir warisane Joko Tingkir,
Wujud barat bumi banyu,
Mandraguna lahir batos.
Bumi Sukawati berdiri pada masa kerajaan Pajang. Raja yang memerintah saat itu yakni Kanjeng Sultan Hadiwijaya. Masa kecilnya bernama Mas Karebet atau Joko Tingkir. Orangtua Joko Tingkir yaitu Ki Ageng Kebo Kenanga atau Ki Ageng Pengging.
Ki Ageng Kebo Kenanga merupakan putra Adipati Handayaningrat yang menikah dengan Kanjeng Ratu Pembayun. Dalam sejarahnya Ratu Pembayun adalah putri sulung Prabu Brawijaya raja Majapahit.
Pada masa mudanya Joko Tingkir suka melakukan lelana brata dan berguru pada sarjana winasis. Ki Ageng Butuh adalah guru Joko Tingkir atau Sultan Hadiwijaya raja Pajang tahun 1546-1582. Beliau terkenal sakti mandraguna. Ilmu iku kelakone kanthi laku. Beliau suka melakukan lara lapa tapa brata. Tiap bulan purnama tapa kungkum di Kali Ketangga.
Pada bulan Suro pasti menjalankan semedi di Hargo Dumilah Gunung Lawu. Setahun sekali pada bulan Rajab mahas ing ngasepi di puncak Saptarengga Gunung Muriya. Segala macam lelaku mulai dari tapa ngidang, tapa ngrame, tapa ngalong, pati geni, ngrowot, mutih, nggeniora, mbanyuora.
Ki Ageng Butuh menjadi jalma limpat seprapat tamat. Kebak ngelmu sipating kawruh, pangawikan agal alus telah dikuasai. Ki Ageng Butuh benar-benar jalma sulaksana, sarjana sujana ing budi. Di kalangan peguron kejawen Ki Ageng Butuh kesuwur sebagai dwija wasis wicaksana waskitha, ngesti sakdurunge winarah.
Sepeninggal Kebo Kenanga wafat, maka Ki Ageng Butuh yang mengasuh Mas Karebet atau Joko Tingkir. Kebo Kenanga adalah putra Adipati Handayaningrat, Bupati Pengging. Sedangkan ibunya Kebo Kenanga yaitu Kanjeng Ratu Pembayun, putri Prabu Brawijaya V raja Majapahit.
Dengan demikian Joko Tingkir masih keturunan raja Majapahit. Trahnya kusuma rembesing madu, wijining atapa, tedhaking andana warih. Sebetulnya Ki Ageng Butuh murid kesayangan Syekh Siti Jenar. Siswa seperguruan yakni Ki Ageng Tingkir, Ki Ageng Banyubiru, Ki Ageng Pengging, Ki Ageng Pring Apus, Ki Ageng Bringin. Mereka belajar ilmu sangkan paraning dumadi, kawruh kasampurnan, ilmu sejati, kawruh beja dan manunggaling kawula Gusti. Ilmu pengetahuan tingkat tinggi amat tersohor di mata kasepuhan Jawa. Untuk mempelajari makrifat sejati kejawen ini diperlukan sarana dan tata cara khusus. Pengajarannya harus hati-hati.
Tanda-tanda Joko Tingkir akan menjadi raja besar sudah diketahui oleh Ki Ageng Butuh.
Saat Joko Tingkir tidur pulas di tengah malam, tiba-tiba ada ndaru cumlorot. Cahaya bersinar kebiru-biruan itu disebut dengan pulung kekuasaan atau wahyu keprabon. Ki Ageng Butuh rembugan dengan Ki Ageng Banyubiru. Joko Tingkir harus dijaga sebaik-baiknya. Dia adalah kader Majapahit yang mumpuni. Semua murid-murid Syekh Siti Jenar bersatu padu, kompak untuk mendidik, merawat, menjaga Joko Tingkir. Atas usul Kanjeng Ratu Kalinyamat yang menjadi Bupati Jepara tahun 1536-1569, Joko Tingkir ditetapkan sebagai raja Pajang tahun 1546. Gelarnya Kanjeng Sultan Hadiwijaya Kamidil Ngalam Panetep Panatagama atau Sultan Hadiwijaya Abdul Hamid Syah Alam Akbar.
Dukungan Joko Tingkir untuk menduduki tahta kerajaan Pajang berasal dari keluarga besar Kasultanan Demak Bintara, Kasultanan Banten dan Kasultanan Cirebon. Tentu saja keluarga besar Kadipaten Pengging menjadi penyokong utama. Dari segi kecakapan, kemampuan, keluhuran, kecerdasan, kebajikan, kelakuan dan ketrampilan, semua lapisan masyarakat pasti mengakui Joko Tingkir memang punjul ing apapak.
Megatruh
Sigra milir sang gethek sinangga bajul,
kawan dasa kang njageni,
ing ngarsa miwah ing pungkur,
tanapi ing kanan kering,
sang gethek lampahnya alon.
Wasiat Syekh Siti Jenar kepada Ki Ageng Butuh, agar wilayah Saragi yang berada di selatan gunung Kendheng, sepanjang aliran bengawan gedhe diberi nama Sragen.
Kawasan ini perlu diatur sebaik-baiknya. Untuk menghormati Guru Suci yang telah pulang ke Rahmatullah, Ki Ageng Butuh memberi nasihat kepada raja Pajang, agar segera dibentuk panitia pemekaran kabupaten Sragen.
Sebagai murid yang berbakti kepada orang tua, Joko Tingkir atau Sultan Hadiwijaya segera bekerja.
Rapat panitia pembentukan kabupaten Sragen membuat keputusan penting pada hari Selasa Pon, tanggal 27 Mei 1556.
Daerah Saragi diubah namanya menjadi Sragen. Saragi artinya satu tempat untuk membuat ragi atau pengubah bentuk menuju kebaikan. Sragen adalah cara, wahana, sarana untuk membuat kebajikan, kebaikan, keutamaan jagad raya. Cita-cita itu selaras dengan ajaran Syekh Siti Jenar yang menghendaki prinsip kesamaan dalam berbuat amal.
Mumpung padhang rembulan, mumpung jembar kalangane.
Daerah Sragen ditetapkan oleh panitia menjadi wilayah setingkat kabupaten. Untuk itu kabupaten Sragen perlu dipimpin oleh seorang bupati atau adipati. Dari hasil musyawarah dari perwakilan keluarga, peguron, utusan daerah, utusan golongan maka dipilih Raden Mas Tejowulan sebagai Bupati Sragen. Gelarnya adalah Kanjeng Raden Tumenggung Adipati Tejo-nagoro.
Pada tahun 1557 Ki Ageng Butuh surud ing kasidan jati, kondur ing jaman kalanggengan, mapan ing swargaloka. Saat ini beliau satu kompleks makam dengan Kebo Kenongo, Nyi Kebo Kenongo, Pangeran Benowo, Joko Tingkir, Patih Monconagoro, Tumenggung Wilomarto, Tumenggung Wuragil, KP Tejowulan, Pangeran Kadilangu, KPH Sinawang. Makam luhur daerah Pajang itu terletak di desa Butuh Gedongan kecamatan Plupuh Sragen. Berkat kemurahan dan keramahan Sri Susuhunan Paku Buwana X, raja Surakarta Hadiningrat makam leluhur Pajang ini dipugar pada tahun 1930.
Masyarakat Sragen selalu mikul dhuwur mendhem jero. Pimpinan Sragen pasti sowan ke makam Pilang Payung. Di sana sowan kepada Bupati Wiryodiprojo di Prampalan, Krikilan, Masaran. Ada lagi makam Sukowati untuk nyekar Bagus Jambu atau Pangeran Adipati Sukowati di Pengkol Kecik Tanon.
Ada juga Tumenggung Alap-alap panglima Sinuwun Amangkurat Amral. Tidak ketinggalan makam Pangeran Samudro di Pendhem Sumberlawang. Sebagian nyekar di makam KRT Haryo Bangsal di Gampingan Sambirejo. Untuk di perkotaan juga nyekar di makam Syekh Zakaria Kauman. Orang Sragen juga menghormati Punden Tingkir Sangiran Krikilan Kalijambe Sragen.
Ajaran Ki Ageng Butuh tetap lestari. Manusia hidup harus selalu eling lan waspada. Oleh karena itu hendaknya tetap melakukan satataning panembah jati. Dalam pergaulan masyarakat alangkah baiknya sambang sambung srawung tulung tinulung. Dedalane guna lawan sekti, kudu andhap asor, wani ngalah luhur wekasane. Dalam hidup berbangsa dan bernegara setiap warga hendaknya lila lan legawa kanggo mulyane negara.
Wisuda Bupati Sragen. Bupati Sragen, Kanjeng Raden Tumenggung Adipati Tejonagoro adalah putra sulung Pangeran Lembu Amiluhur. Beliau putra Bupati Pengging, Sri Makurung Handayaningrat. Beliau suami Kanjeng Ratu Pembayun. Jadi dengan Joko Tingkir masih saudara sepupu.
Sama-sama keturunan Prabu Brawijaya V. Kedua orang bangsawan ini pernah dididik oleh Ki Ageng Butuh. Pada tahun 1560 Kanjeng Ratu Kalinyamat memberi sumbangan berupa gelondongan kayu jati untuk membangun pendopo Kabupaten Sragen. Juru ukir Jepara diperbantukan selama enam bulan.
Pada tahun 1605 raja Mataram, Sinuwun Prabu Hadi Hanyokrowati memberi bantuan berupa lempengan emas kepada warga Sragen. Kemurahan ini atas anjuran ibunda raja, Kanjeng Ratu Waskitha Jawi. Beliau adalah putri Ki Ageng Penjawi, Bupati Pati.
Kanjeng Ratu Waskitha Jawi merasa berhutang budi kepada Ki Ageng Butuh dan masyarakat Sragen. Sewaktu beliau menikah dengan Panembahan Senopati tahun 1578, panitia pahargyan dari orang Sragen. Lagi pula Ki Ageng Butuh merupakan guru spiritual Ki Ageng Penjawi.
Hubungan kabupaten Sragen dengan kerajaan Mataram selalu akrab , mesra dan harmonis.
Warga Sragen yang bernama Tumenggung Alap-alap dipercaya sebagai panglima militer Mataram. Rajanya bernama Sri Susuhunan Amangkurat Amral yang memerintah kraton Mataram Kartasura tahun 1677-1703. Tumenggung Alap-alap satria sejati yang selalu rela berkorban untuk bangsa dan negara. Untuk memperoleh ketajaman batin, Tumenggung Alap-alap selalu cegah dhahar lawan guling.
Tumenggung Alap-alap masih keturunan Raden Ayu Pagedongan yang dimakamkan di Butuh Gedongan Plupuh Sragen. Satu kompleks dengan Raden Ayu Pagedongan yaitu Raden Hadinagoro, Raden Ayu Kodok Ijo, Demang Brang Wetan.
Pada tahun 1731 Demang Ngurawan diangkat menjadi kepala kejaksaan karaton Mataram Kartasura.
Sinuwun Paku Buwono II sungguh raja yang pintar, cerdas, bijaksana. Setiap ada perkara selalu diserahkan kepada ahlinya. Demang Ngurawan berasal dari Gemolong yang berpendidikan. Beliau pernah mengabdi kepada KRT Padmonagoro, Bupati Pekalongan tahun 1726-1741. Kelak Demang Ngurawan menjadi pengajar di peguron Pengging. Muridnya yang handal adalah pujangga Yasadipura. Beliau nanti menjadi Pujangga karaton Surakarta Hadiningrat.
Demang Ngurawan yang berasal dari Gemolong ini pada tahun 1732 mendapat tugas untuk mengabdi huru hara akibat silang sengketa yang terjadi pada tokoh agama di Pati, Kudus dan Batang. Syekh Mutamakin dituntut oleh Syekh Kamaruddin dan Abdul Kahar.
Syekh Komaruddin Ketib Anom Batang dan Abdul Kohar Ketib Anom Kudus. Keduanya menggugat Syekh Mutamakin dari Kajen Pati. Demang Ngurawan harus menjadi hakim yang adil. Persoalan ini tidak gampang. Di luar pengadilan, massa pendukung kedua tokoh ini demonstrasi besar-besaran. Berkat pengalaman, pengetahuan dan kebijaksanaan, Demang Ngurawan dapat memuaskan pihak yang bersengketa. Demang Ngurawan dari Gemolong ini betul-betul amemangun karyenak tyasing sesama.
Perpindahan ibukota Mataram dan karyawan ke Surakarta melibatkan Bagus Jambu atau Pangeran Adipati Sukowati dari Pangkol Kecik Tanon Sragen.
Sinuwun Paku Buwono memberi kepercayaan kepada Adipati Sukowati untuk serta mengatur desain istana. Adipati Sukowati diberi tugas untuk membawa tukang ukir dari Jepara. Perpindahan kraton tahun 1745 ini memberi kesempatan warga Sragen untuk berkarir dalam bidang pertukangan dan bisnis mebel. Tak lupa dalam bidang dol tinuku hasil bumi.
Kanjeng Sinuwun Paku Buwono III memiliki penasihat dan guru spiritual dari Kauman Mataram Sragen. Beliau bernama Syekh Zakaria.
Atas petunjuk Syekh Zakaria ini raja Surakarta yang memerintah tahun 1749-1788 ini membuat sejarah penting. Bertempat di daerah Sambung Macan, Sinuwun Paku Buwono mengadakan sarasehan sosial budaya bersama intelektual Sragen, Ngawi, Purwodadi dan Cepu. Beragam topik dibicarakan. Hasil diskusi di Sambung Macan ini bermakna bagi sejarah. Ada dua rekomendasi penting yang ditawarkan, yakni Perjanjian Giyanti dan Perjanjian Salatiga. Rekomendasi ini dibuat pada bulan Desember 1754 di daerah Sambung Macan.
Perjanjian Giyanti resmi ditanda tangani pada tanggal 13 Pebruari 1755. Pangeran Mangkubumi diberi kedudukan sebagai Sultan Yogyakarta. Untuk wilayah Kotagedhe, Imogiri dan Ngawen tetap menjadi binaan karaton Surakarta Hadiningrat. Sedangkan perjanjian Salatiga ditanda tangani pada tanggal 17 Maret 1757. Pangeran Sambernyawa ditetapkan sebagai Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Mangkunegara I. Sejarah telah mencatat dengan tinta emas. Rekomendasi dari sarasehan Sambung Macan Sragen menghasilkan mutu peradaban yang agung.
Penyusunan Serat Centhini pada tahun 1810 melibatkan warga Sragen. Kanjeng Sinuwun Paku Buwono V memberi kepercayaan kepada Joko Budug atau KRT Haryo Bangal dari Gampingan Sambirejo Sragen. Dalam penyusunan Serat Centhini beliau diberi tugas untuk menulis tentang keberadaan Bengawan Solo, Gunung Kendheng, Gunung Pandhan, Gunung Sewu, serta lingkungan sekitar. Ada lima yang dibahas yaitu minyak tanah, pari gogo, gamping kapur semen, kayu jati dan burung perkutut. Ini semua ditulis dalam Serat Centhini.
Pada tanggal 12 Oktober 1840 Sinuwun Paku Buwono VII menerbitkan undang-undang. Namanya Serat Angger-angger Gunung. Peraturan ini mengatur hubungan sosial di Sragen agar tetap harmonis, guyub rukun, gotong royong, kerja sama dan saling menghormati. Pada tanggal 5 Juni 1847 Karaton Surakarta menetapkan Sragen sebagai daerah otonom yang mandiri.
Hubungan dengan kraton Surakarta semakin istimewa. Pada tahun 1852 Sinuwun Paku Buwono VII memugar Pasarean Luhur Butuh.
Masa pemerintahan Sinuwun Paku Buwono IX tahun 1861-1893 dibangun stasiun Gemolong. Raja Surakarta Hadiningrat ini juga memugar Punden Tingkir di Sangiran Krikilan Kalijambe Sragen. Paku Buwono IX mendapat julukan Sinuwun Bangun Kedaton.
Prestasi gemilang warga Sragen dilanjutkan pada masa Sinuwun Paku Buwono X. Rum kuncaraning bangsa dumunung hing luhuring budaya.
Warga Sragen diajak bekerja di perkebunan teh Ampel, perkebunan kopi Kembang dan perkebunan tembakau Tegalgondo. Sebagian warga Sragen diajak mengelola pabrik gula Manisharjo.
Kursus sindhenan tayub diselenggarakan oleh Sinuwun Paku Buwono XI pada tahun 1940. Bertempat di daerah Kedung Banteng. Seni tayub dianggap sebagai sarana untuk menyuburkan sawah.
Suara waranggana tayub dapat mengusir hama dan wabah penyakit. Oleh karena itu seni langen tayub harus diuri-uri, supaya tetap rahayu lestari.
Warga Sragen banyak yang mengabdi kepada karaton Surakarta Hadiningrat. Pada masa Sinuwun Paku Buwono XII warga Sragen terhimpun dalam Paguyuban Kawula Karaton Surakarta Hadiningrat atau PAKASA. Tiap karaton Surakarta menyelenggarakan upacara adat, tentu abdi dalem PAKASA bersedia sowan untuk partisipasi.
Upacara Grebeg Syawal, Grebeg Besar dan Grebeg Mulud, malem selikuran, Wilujengan Negari Maesa Lawung dan Labuhan di Parangkusumo. Begitulah pengabdian warga Sragen yang penuh dengan keteladanan dan keutamaan. Sudah sepatutnya budaya luhur itu dilanjutkan oleh generasi sekarang. Supaya tidak kepaten obor. Peradaban yang agung dan anggun ini merupakan karunia ganjaran dari Tuhan. Tata lahir amakarti, jroning batin angesthi panembah jati.
C. Teladan Utama
Dalam kuliah folklor yang diterangkan Mas Kris, perlu menggali kearifan lokal. Misalnya teladan para Bupati Sragen.
1. Kanjeng Raden Tumenggung Tejonegoro I 1556-1580
Dilantik oleh Kanjeng Sultan Hadiwijaya, raja Pajang.
2. Kanjeng Raden Tumenggung Tejonegoro II 1580-1607
Dilantik oleh Kanjeng Sultan Hadiwijaya, raja Pajang.
3. Kanjeng Raden Tumenggung Tejonegoro III 1607-1634
Dilantik pada masa pemerintahan Sinuwun Prabu Hadi Hanyakrawati, raja Mataram.
4. Kanjeng Raden Tumenggung Tejonegoro IV 1634-1650
Dilantik pada masa pemerintahan Sri Susuhunan Amang-kurat Agung, raja Mataram.
5. Kanjeng Raden Tumenggung Purwo Hadinagoro I 1650-1678. Dilantik pada masa pemerintahan Sri Susuhunan Amangkurat Agung, raja Mataram.
6. Kanjeng Raden Tumenggung Purwo Hadinagoro II 1678-1710. Dilantik pada masa pemerintahan Sinuwun Amang-kurat Amral, raja Mataram.
7. Kanjeng Raden Tumenggung Purwo Hadinagoro III 1710-1734. Dilantik pada masa pemerintahan Sinuwun Paku Buwono I, raja Mataram Kartasura.
8. Kanjeng Raden Tumenggung Sukowati I 1734-1753. Dilan-tik pada masa pemerintahan Sinuwun Paku Buwono II, raja Mataram Kartasura.
9. Kanjeng Raden Tumenggung Sukowati II 1753-1789
Dilantik pada masa pemerintahan Sinuwun Paku Buwono III, raja Surakarta Hadiningrat.
10. Kanjeng Raden Tumenggung Sukowati III 1789-1812. Dilantik pada masa pemerintahan Sinuwun Paku Buwono IV, raja Surakarta Hadiningrat.
11. Kanjeng Raden Tumenggung Sukowati IV 1812-1847
Dilantik pada masa pemerintahan Sinuwun Paku Buwono IV, raja Surakarta Hadiningrat.
12. Kanjeng Raden Tumenggung Sukowati V 1847-1861
Dilantik pada masa pemerintahan Sinuwun Paku Buwono VII, raja Surakarta Hadiningrat.
13. Kanjeng Raden Tumenggung Sastropuro 1861-1871
Dilantik pada masa pemerintahan Sinuwun Paku Buwono IX, raja Surakarta Hadiningrat.
14. Kanjeng Raden Tumenggung Wiryoprojo 1871-1903
Dilantik pada masa pemerintahan Sinuwun Paku Buwono IX, raja Surakarta Hadiningrat.
15. Kanjeng Raden Tumenggung Panji Sumonagoro 1903-1933
Dilantik pada masa pemerintahan Sinuwun Paku Buwono X, raja Surakarta Hadiningrat.
16. KRMAA Yudonagoro 1933-1939. Dilantik pada masa pemerintahan Sinuwun Paku Buwono X, raja Surakarta Hadiningrat.
17. KRMT Mr Wongsonagoro 1939-1944. Dilantik pada masa pemerintahan Sinuwun Paku Buwono X, raja Surakarta Hadiningrat.
18. KRMT Darmonagoro 1944-1946. Dilantik pada masa pemerintahan Sinuwun Paku Buwono XI, raja Surakarta Hadiningrat.
19. KRMT Mangunnagoro 1946-1950. Dilantik pada masa pemerintahan Presiden Soekarno.
20. R Suprapto Wiryosaputro 1950-1959
Dilantik pada masa pemerintahan Presiden Soekarno.
21. M. Mustajab 1959-1967
Dilantik pada masa pemerintahan Presiden Soekarno.
22. Suwarno Djojowardono 1967-1973
Dilantik pada masa pemerintahan Presiden Soekarno.
23. Srinadi 1973-1974
Dilantik pada masa pemerintahan Presiden Soeharto.
24. Sayid Abbas 1974-1980
Dilantik pada masa pemerintahan Presiden Soeharto.
25. Suryanto PA 1980-1990
Dilantik pada masa pemerintahan Presiden Soeharto.
26. HR Bawono 1990-2001
Dilantik pada masa pemerintahan Presiden Soeharto.
27. H Untung Wiyono 2001-2011
Dilantik pada masa pemerintahan Presiden Megawati.
28. Agus Fatchurrahman SH 2011-2016. Dilantik pada masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.
29. Dr Kusnidar Untung Yuni Sukowati 2016-2021
Dilantik pada masa pemerintahan Presiden Joko Widodo.
Folklor Jawa memberi pelajaran yang berharga. Semua rakyat Kabupaten Sragen berdarma bakti.
1. Megatruh
Sigra milir sang gethek sinangga bajul,
kawan dasa kang njageni,
ing ngarsa miwah ing pungkur,
tanapi ing kanan kering,
sang gethek lampahnya alon.
Wus binucal welah lawan satangipun,
ki Wila lan ki Wuragil,
eca pra samya pitekur,
angadhep gusti sang pekik,
bakda ngisa prapteng Betog.
Lampahnya lon serep rare prapteng Butuh,
rahaden ika tan pangling,
lamun laladaning Butuh,
arsa kendel raden pekik,
amangsit bajul kang gendhong.
Ingkang gethek ginetog-getog ping telu,
ingkang bajul mirsa wangsit,
ingkarsane raden bagus,
anulya binekta minggir,
cinacang kang gethek alon.
Mring ki Wila lawan ki Wuragil sampun,
cinancang witing kuweni,
akukuh cinancang eduk,
karipan samya aguling,
sadaya samya kuwayon.
Joko Tingkir berjalan menuju Demak Bintoro, dengan naik prahu gethek. Sejumlah empat puluh ekor buaya menjaga di sebelah kiri dan kanan. Selama hidup Joko Tingkir berguru kepada Ki Ageng Sela, Ki Ageng Banyubiru, Ki Ageng Butuh, Ki Ageng Pringapus, Ki Ageng Pengging dan Ki Ageng Tingkir. Inspirasi bagi pekerja sosial. Mereka adalah guru-guru utama di Tanah Jawa yang terkenal sakti mandraguna.
2. Dhandhanggula
Pagagane sawetane kali,
Nusul marang rencange wakira,
Kakalih juru gagane,
Sadina datan mantuk,
Santri kalih mulih abukti,
Mulih sawise ngasar,
Nengna kang winuwus,
Jeng Sinuwun Kalijaga,
Sangking kidul malampah atekem ecis,
Sangking ing pamancingan.
Nguwuh-uwuh sajawining gagi,
Heh ta jebeng denira agaga,
Nuli marenana age,
Pan sira bakal ratu,
Ingkang mengku ing tanah Jawi,
Angur nuli suwita,
Mring Demak ta kulup,
Ing kono dadi jalaran,
Yata lajeng wau jeng Sinuhun Kali,
Ngaler leres lampahnya.
3. Dhandhanggula
Pepaliku ajinen mbrekati,
tur Selamet sarta kuwarasan,
pepali iku mangkene:
aja agawe angkuh,
aja ladak lan aja jail,
aja ati serakah,
lan aja celimut,
lan aja mburu aleman,
aja lada wong ladak pan gelis mati,
lan aja ati ngiwa.
Padha sira titirua kaki,
jalma patrap iku kasihana,
iku arahen sawabe,
ambrekati wong iku,
nora kena sira wadani,
tiniru iku kena,
pambegane alus,
yen angucap ngarah-arah,
yen alungguh nora pegat ngati-ati,
nora gelem gumampang.
Sapa sapa wong kang gawe becik,
nora wurung mbenjang manggih arja,
tekeng saturun-turune,
yen sira dadi agung,
amarintah marang wong cilik,
aja sedaya-daya,
mundhak ora tulus,
nggonmu dadi pangauban,
aja nacah, marentaha kang patitis,
nganggoa tepa-tepa.
Padha sira ngestokena kaki,
tutur ingsun kang nedya utama,
angarjani sarirane,
way nganti seling surup,
yen tumpang suh iku niwasi,
hanggung atelanjukan,
temah sasar susur,
tengraning jalma utama,
bisa nimbang kang ala lawan kang becik,
rasa rasaning kembang.
Kawruhana pambengkasing kardi,
pakuning rat lelananging jagad,
pambengkasing jagad kabeh,
amung budi rahayu,
setya tuhu marang Hyang Widi,
warastra pira pira,
kang hanggung ginunggung,
kasor dening tyas raharja,
harjaning rat punika pakuning bumi,
kabeh kapiyarsakna.
Ki Ageng Selo menganjurkan seseorang untuk menjunjung tinggi tradisi leluhur yang telah diwariskan secara turun temurun. Sejarah harus berjalan. Jangan sampai masa silam dilupakan. Nama Ki Ageng Selo sangat populer di kalanan petani Jawa. Ki Ageng Selo dikenal sakti mandraguna. Ki Ageng Selo dapat menangkap petir.
4. Dhandhanggula
Sadat salat puwasa kawuri,
Apa dene jakat lawan pitrah,
Ujar piwulang kabeh,
Yogya kena ginugu,
Kudu nyingkur durjaning budi,
Datan ngapusi titah,
Sinung swarga besuk,
Para siswa Siti Jenar,
Amikani babaran ngelmu sejati,
Wejangan Lemah Abang.
Ki Ageng Butuh lenggah miyarsi,
Syekh Siti Jenar paring wedharan,
Marang sagung siswa Sragen,
Yen wus ngapal lakumu,
Jatine bisa pinanggih,
Aneng dunya delahan,
Menep jroning kalbu,
Mbabar ilmu kasampurnan,
Sinebut manunggaling kawula Gusti,
Pangeran Maha Tunggal.
Kesadaran untuk bersikap saling menghormati sejak dulu tumbuh dalam diri warga Sragen. Ajaran Syekh Siti Jenar perlu dipahami dengan hati-hati. Tidak boleh salah tafsir, agar tidak membuat gaduh. Dipahami dengan hati-hati. Duga duga digawa, ati ati aja nganti keri. Masyarakat Kabupaten Sragen mujudake urip bebrayan kang guyub rukun saiyeg saeka kepti. Sembah kalbu yen lumintu dadi laku. Manggih hayu ayem tentrem kang tinemu.
Babad Sragen atau Sukowati merujuk pada hakikat kesukaan dunia yang sejati. Keselarasan antara jagat gumelar dan jagat gumulung.
Wasana wacana. Babad Sragen ini sebagai persembahan kagem ingkang minulya Bapak Dr Wisma Nugraha Christianto Richardus M.Hum. Dosen Sastra Nusantara Fakultas Ilmu Budaya UGM telah paripurna. Sungkem pangabekti mugi konjuk.
Sembah kalbu, yen lumintu dadi laku.
Manggih hayu, ayem tentrem kang tinemu.
Oleh: Purwadi
Jl Kakap Raya 36 Minomartani Yogyakarta.
Hp 087864404347
Tidak ada komentar:
Posting Komentar