Selasa, 12 Januari 2021

SEJARAH KABUPATEN BOYOLALI

 

A. Negeri Pengging Leluhur Masyarakat Boyolali 

Leluhur masyarakat Kabupaten Boyolali adalah para pembesar Pengging. Negeri Pengging menjadi pusat pertemuan geneologi para raja Jawa. Peradaban besar bermula pada tahun 423 Saka. Kehidupan berbangsa dan bernegara terselenggara dengan rapi. Setiap warga menyadari tata praja serta udanegara. 

Tersebutlah negeri Pengging yang dipimpin oleh Kan-jeng Sinuwun Prabu Kusumawicitra. Beliau adalah nata ing Pengging. Sang nata garwanipun kalih: Dewi Soma putranipun Prabu Jayakusuma ing Matahun, kaliyan Dewi Daruni putranipun Ajar Kapyara ing Banyuwangi. Prabu Kusumawicitra apeputra 5, urut sepuh kados ing ngandhap punika: Saking ibu Dewi Soma: Prabu Citrasoma ing Pengging lan Raden Citrasena ing Banten. Saking ibu Dewi Daruni: Raden Citrakusuma ing Blambangan. Ibu Dewi Soma: Dewi Citrawati, krama angsal Raden Wela-kusuma, putranipun Raden Jaya Amisena ing Pengging. Saking ibu Endhang Bangi: Raden Upacitra. Mereka hidup guyub rukun, saiyek saeka kapti. 

Keluarga kerajaan Pengging terus mengabdi pada rakyat. Pada bulan Sura tahun 435 diselenggarakan tata cara sesaji Giri Pawaka yang dipimpin oleh Prabu Citrasoma. Tujuannya untuk menghindari erupsi Merapi. Tempatnya di daerah Musuk, kaki Gunung Bibi. Para kawula pun menjadi ayem tentrem. Tiap tahun sang nata mengadakan upacara adat. Tradisi ini berlangsung terus yang melibatkan warga kawasan Merapi Merbabu. Dilanjutkan pentas wayang purwa dengan lakon Wahyu Purba sejati. Kegiatan ritual ini berbarengan dengan aktivitas kultural. Salikam salikem kehing sengkala padha mingkem. 

Kehidupan istana Pengging boleh dikatakan selaras sera-si seimbang. Sang nata ing Nagari Pengging, anggarwa Dewi Sriati putranipun Resi Sidikwacana ing wukir Merbabu. Beliau punya garwa 2 peputra 4: Raden Pancadnyana krama angsal De-wi Lasmita, lajeng dados raja pandhita nama Resi Pancadnyana. Prabu Pancadriya ing Pengging. Dewi Pancawati, krama angsal Raden Sukarsa, Patih ing Pengging. Raden Selandana. Mereka selalu menjunjung tinggi paugeran. 

Demi mewujudkan ketentram masyarakat, sang Prabu Pancadriya membangun fasilitas publik. Keperluan umum sangat diutamakan. Sang nata ing nagari Pengging, anggarwa Dewi Gandawati putranipun Prabu Jaya Amisena ing Mamenang. Beliau punya garwa 2 apeputra 4: Raden Prawa, ngalih nama Arya Akandriya, dados Raja Pandhita wonten ing Madya panjang nama Resi Dewabrata. Keluarga ini selalu berbakti pada Nusa bangsa. Labuh labet marang praja. 

Pergantian kekuasaan pun berjalan aman tertib. Lengser keprabon madeg pandita. Raden Saputra, anggentosi ingkang rama nama Prabu Anglingdriya ing Pengging. Beliau ajejuluk Prabu Dewa Kusuma inggih Prabu Dewanata. Raden Sucitra nama Arya Darmandriya ing Salembi, ugi nama Prabu Darma-kusuma ajejuluk Prabu Dipanata. Raden Suwarna nama Arya Sumandriya ing Sudimara lajeng nama Prabu Mandrakusuma, ajejuluk Prabu Hendranata. Trah Pengging berjalan sesuai dengan tuntunan dan tatanan. Mereka biasa mambaca sastra piwulang. 

Sistem nama sesebutan berdasarkan martabat kerabat adat. Prabu Anglingdriya jejuluk Prabu Dewakusuma, inggih prabu Dewanata ing nagari Pengging. Garwa sepuh nama Dewi Soma putranipun Resi Pancadnyana, garwa enem nama Dewi Sinta putranipun Resi Wrahaspati ing wukir Wangkring. Beliau peputra kados ing ngandhap punika: Dewi Rarasati, krama angsal raden Damarmaya, putra ing Salembi. Prabu Suwelacala, ingkang jumeneng nata ing nagari Medang Kamulan. Prabu Pandayanata, anggentosi ingkang rama jumeneng nata wonten ing nagari Pengging.

Pemimpin dari Pengging selalu melakukan ilmu laku. Misalnya tapa brata di Pesanggrahan Madusita Candi Ampel. Ta-pa kungkum di kali Serang Karanggedhe. Sesaji tunggak jang-gleng di alas Wonosego. Methik pari Gaga di Juwangi. Kegiatan upacara adat ini dilakukan oleh bangsawan Pengging. Mereka berprinsip Arab digarap Jawa digawa. Mrih katarta pakartinging ngelmu luhung. Kang tumrap neng tanah Jawa. Agama ageming aji. 

Tanah Pengging tepatnya di kaki Gunung Merapi dan Merbabu. Sejak dulu kala kawasan ini termasuk gudangnya kreator peradaban. Pernah untuk menyimpan pusaka Nogososro Sabuk Inten. Pengging Banyudono salah satu kecamatan Boyo-lali. Daerah Pengging populer karena di sinilah Mas Karebet, Joko Tingkir atau Sultan Hadiwijaya dilahirkan.

Kadipaten Pengging menjadi sentral kebudayaan, yang menjadi penerus kebesaran Kerajaan Majapahit dan Kesultanan Demak Bintara. Adipati Handayaningrat atau Ki Ageng Pengging sepuh adalah menantu Sinuwun Prabu Brawijaya, garwanya bergelar Kanjeng Ratu Pembayun yang melahirkan Ki Kebo Kani-gara dan Ki Kebo Kenanga. Kelak Ki Kebo Kanigara menjadi pertapa di lereng gunung Merbabu, sedang Ki Kebo Kenanga menjadi murid Syekh Siti Jenar, seorang wali yang sakti mandra-guna. Komunitas peguron ini yang mempelopori ilmu manung-galing kawula gusti. Kalangan Kejawen menyebut dengan istilah ngelmu kasampurnan, ngelmu kasepuhan, kawruh begja, wikan sangkan paran, sangkan paraning dumadi, urip sejati dan satataning panembah.

Wulang wuruk Kejawen berkembang dari kawasan Pengging kemudian menyebar ke seluruh pelosok tanah Jawa, mulai dari perkotaan, pedesaan, dan pegunungan. Setelah Syekh Siti Jenar muksa, para muridnya mengembangkan paham Keja-wen. Mereka adalah Ki Ageng Banyubiru, Ki Ageng Sela, Ki Ageng Butuh, Ki Ageng Karanglo, Ki Ageng Pring Apus, Ki Ageng Penja-wi, Ki Ageng Pemanahan, Ki Ageng Enis dan Ki Ageng Pandhan-arang. Para guru suci Tanah Jawa ini sudah putus ing reh sanis-kara, kebak ngelmu sipating kawruh.

B. Pengging Boyolali Tempat gemblengan Tokoh Besar Nusantara 

Pemimpin besar lahir besar dan dididik di Pengging. Joko Tingkir atau Sultan Hadiwijaya raja Pajang, lahir di bumi Peng-ging. Danang Sutawijaya atau Panembahan Senapati raja Mata-ram juga lahir di Pengging. Raja dan Pujangga Jawa lahir di kawasan Pengging. 

Tentang Kasultanan Pajang, Pengging menjadi sentral se-jarah. Setelah Ki Ageng Pengging wafat, putranya yang bernama Mas Karebet kemudian diasuh Nyi Ageng Tingkir. Maka nantinya Mas Karebet disebut juga Joko Tingkir.

Para alumni padepokan Syekh Siti Jenar mengetahui bahwa wahyu keprabon menitis pada diri Joko Tingkir. Maka semua guru tersebut sama mengasuh dan mendidik Joko Tingkir sebagai layaknya putra seorang raja. Dimaklumi bersama bahwa Joko Tingkir sungguh trahing kusuma rembesing madu, ketu-runan langsung Prabu Brawijaya raja Majapahit.

Guru ya digugu ya ditiru. Hasil didikan para dwija sejati ini cukup mengagumkan. Joko Tingkir tumbuh menjadi pribadi yang mumpuni kualitas intelektual, sosial, mental, moral dan spiritual. Kanjeng Sultan Trenggono yang bertahta di Kasultanan Demak Bintara menjodohkan Joko Tingkir dengan Kanjeng Ratu Hemas Kambang atau Ratu Mas Cepaka. Pada periode selanjutnya Joko Tingkir diwisuda menjadi raja di Kasultanan Pajang Hadiningrat dengan gelar Sultan Hadiwijaya Hamid Amirul Mukminin Syah Alam Akbar. Joko Tingkir berkuasa tahun 1546-1582.

Kitab babad tanah Jawi yang disimpan Karaton Sura-karta Hadiningrat adalah data historis yang penting. Kita petik tembang Pangkur yang berasal dari cerita Babad Tanah Jawi, sebagai gambaran masa silam. Ini kisah Ratu Kalinyamat yang berkaitan dengan berdirinya Karaton Pajang. Atas restu Ratu Kalinyamat dan keluarga Kasultanan Demak Bintara, karir Joko Tingkir lancar. 


Pangkur


Nimas Ratu Kalinyamat. 

Tilar wisma amartapa neng wukir. 

Tapa wuda sinjang rambut. 

Ing Gunung Danaraja. 

Apratignya tan arsa tapihan ingsun. 

Yen tan antuk adiling Hyang. 

Patine sedulur mami. 

Bait tembang di atas melukiskan tekad Kanjeng Ratu Kalinyamat yang membela suami, Pangeran Hadirin. Sebelumnya juga sudah ada korban kakak tercinta, Sunan Prawoto. Pelang-garnya Arya Penangsang, Adipati Jipang Panolan. Krisis politik di Demak bisa diatasi oleh Sultan Hadiwijaya. Jasanya yang besar itulah sebagai legitimasi beliau berkuasa di Kraton Pajang. Sedemikian penting tempat Pengging, maka tak mengherankan bila daerah ini menjadi jujugan para peziarah. Mereka hendak melacak suri teladan yang pantas dilestarikan.

Pelaku seni budaya Jawa hampir dipastikan akrab dengan kutipan tembang ini. Cuma jarang sekali yang mau menelusuri asal-usulnya. Tak mengira bahwa tembang ini lahir dari buah pikiran pujangga Pengging, Kyai Yasadipura atau Kanjeng Raden Tumenggung Sastranagara. Beliau adalah pujangga besar Kraton Surakarta Hadiningrat, seorang pujangga arif bijaksana, wicaksana ngerti sadurunge winarah, yang menjadi sumber ilmu di Tanah Jawa. 

Kinanthi


Nalikanira ing dalu. 

Wong agung mangsah semedi. 

Sirep kang bala wanara. 

Sedaya wus sami guling. 

Nadyan ari sudarsana. 

Wus dangu nggenira guling. 


Kukusing dupa kumelun. 

Ngeningken tyas sang apekik. 

Kawengku sagung jajahan. 

Nanging sanget angikibi. 

Sang Resi Kaneka Putra. 

Kang anjog saking wiyati.


Syair indah tembang Kinanthi di atas merupakan kutipan dari Serat Rama karya Yasadipura. Kitab ini dipuji oleh empu Jawa Kuno sebagai karya sastra yang dapat digunakan untuk membangun budi pekerti luhur.


Dhandhanggula


Dhedhep sidhem prabawaning ratri

Sasadara wus manjer kawuryan

Tan kuciwa memanise

Menggep sri nateng dalu

Sinewaka sanggya pra dasih

Aglar neng cakrawala

Winulat ngelangut

Prandene kabeh kebekan

Saking kehing taranggana kang sumiwi

Warata tanpa sela.

Adegan pathet sanga sebagai wahana maca mobah mo-siking kahanan, kutipan tembang dhandhanggula terasa cocok benar. Hening, sunyi, sepi namun berarti. Senyap dan diam karena wibawa malam. Betul-betul hidup cara Kyai Yasadipura melukiskan keadaan. Layak sekali bila waranggana, wiyaga melantunkan lagu itu.

Belum lagi lakon wayang yang dilukiskan Yasadipura. Serial Bratayuda, Ramayana, Dewaruci dan Bimasuci adalah buah tangan sang Pujangga. Nama harum beliau dikenang sepanjang masa. Berbahagialah orang Jawa mempunyai leluhur Kyai Yasadipura. Darah kapujanggan mengalir deras pada anak keturunannya. Raden Ngabehi Ranggawarsita, Pujangga Karaton Surakarta Hadiningrat lahir dan dididik di Pengging. 

Dhalang terkemuka bernama Ki Panjang Mas adalah keturunan Yasadipura. Keluarga Panjang Mas menurunkan dhalang berbobot yang menyebar di seluruh kawasan Surakarta. Tak ketinggalan pula adalah Raden Ngabehi Ranggawarsita. Beliau adalah cucu Yasadipura. Darah seni leluhur Pengging ini menjadi inspirasi bagi orang Jawa. Setiap bulan Suro penggiat kejawen siram jamas di Umbul Pengging sekalian nyekar di Pesarean Yasadipuran. Mereka hendak ngalap berkah kepada para leluhur yang berjiwa mulia. 

C. Keteladanan Tokoh Sakti Mandraguna dari Pengging Boyolali 

1. Adipati Handayaningrat

Pendiri Kadipaten Pengging adalah Adipati Handaya-ningrat atau Sri Makurung, menantu Prabu Brawijaya. Adipati Handayaningrat disebut juga dengan nama Ki Ageng Pengging Sepuh.

2. Kanjeng Ratu Pembayun

Putri sulung Prabu Brawijaya yang menikah dengan Adi-pati Handayaningrat. Makamnya di Kawasan Pengging.

3. Kebo Kenaga

Tokoh spiritual yang menyebarkan paham Islam keja-wen. Anaknya bernama Joko Tingkir atau Sultan Hadi-wijaya.

4. Kebo Kanigoro

Guru kejawen yang mengajarkan ilmu kasampurnan. Dia anak Handayaningrat. Selamanya wadat atau tak menikah.

5. Lembu Amiluhur

Pengajar ilmu sangkan paraning dumadi. Berkeliling di tanah Jawa untuk menjaga keselamatan dunia.

6. Joko Tingkir

Putra Kebo Kenanga dan menantu Sultan Trenggana De-mak Bintoro. Menjadi raja Pajang dengan didukung oleh para guru sakti mandraguna.

7. Ratu Mas Cempaka

Permaisuri Sultan Pajang yang berasal dari Kasultanan Demak Bintoro. Terkenal sebagai perintis batik motif Sidomukti.

8. Tumenggung Padmonagoro

Bupati Pekalongan yang menjadi leluhur Sinuwun Paku Buwono XIII, KRT Padmonagoro pelopor industri batik. Putra bupati Padmonagoro yakni Kyai Yasadipura yang menjadi pujangga kraton Surakarta Hadiningrat.

9. Kyai Yasadipura

Pujangga kraton yang sakti mandraguna. Banyak menulis sastra piwulang. Misalnya cerita Dewaruci

10. Ratu Laksmintorukmi

Istri Sinuwun Paku Buwono X yang paling muda. Beliau mengasuh anak-anak Presiden Soekarno. Misal Guntur, Megawati, Rahmawati, Sukmawati dan Guruh Soekarno-putra. Makam Ratu Laksmintorukmi terletak di sebelah makam Kyai Yasadipura.

11. Syekh Siti Jenar

Guru kejawen yang mengajarkan kawruh manunggaling kawula Gusti. Pengikutnya dikenal dengan sebutan Aboge (Abangan Rebo Wage). 

12. Ki Ageng Tarub

Leluhur Mataram yang menjadi suami Dewi Nawang-wulan. Beliau turut membuat peguron Pengging.

13. Ki Ageng Sela

Guru sakti mandraguna yang dapat menangkap petir. Menjadi pelindung petani Jawa. Kerap mengajar di peguron Pengging untuk menjaga kesuburan. 

14. Ki Ageng Banyubiru

Guru Joko Tingkir yang membekali ilmu tata praja. Berkat didikan Ki Ageng Banyubiru Joko Tingkir dapat menurunkan para raja Jawa.

15. Ki Ageng Pemanahan

Tokoh pendiri Mataram yang cerdik cendekia cerdas. Mampu mengatur strategi kerajaan Pajang dan Mataram sehingga agung anggun basuki lestari.

 D. Umbul Pasiraman Pengging Kagem Nenuwun Pada Tuhan 

1. Umbul Raja atau Umbul Ngabean 

Umbul Raja disebut juga Umbul Ngabean. Tempat pe-mandian para raja, dewa dan keluarga. Air yang mengalir menye-babkan seseorang kuat derajat, lancar naik pangkat dan mendapat semat. Derajat pangkat semat atau kedudukan, kehor-matan dan kekayaan seseorang akan berlimpah ruah. 

2. Umbul Manten

Disarankan pada pasangan manten, agar mau siram jamas. Dengan harapan anak keturunan trah tumerah akan mendapat kewibawaan. Pasangan yang mau lelaku di umbul manten akan menambah stamina, tenaga dan gairah. Tentu saja terjaga rumah tangga yang harmonis. Khasiat air Umbul Manten lebih dahsyat dari pada obat kuat. Untuk pembuktian barangkali lebih baik untuk dicoba.

3. Umbul Dhudha

Digunakan untuk ritual seseorang yang ingin memiliki pasangan. Dinamakan Dhudha karena mudah mendatangkan rasa belas kasihan. Dhudha tidak pernah dicurigai, tak pernah dicemburui dan tidak pernah dipandang sinis. Di mana saja seorang dhudha mendapat perhatian dari saudara dan rekan. Dhudha dekat dengan suasana kasih sayang. 

4. Umbul Rara

Umbul Rara digunakan untuk panuwunan orang yang memiliki hajat, cita-cita dan kedudukan sosial. Orang melakukan ritual di Umbul Rara rata rata pada waktu malam hari. Mereka melakukan siram jamas di tengah malam saat suasana eneng, ening. Tujuannya supaya segala harapan segera terkabul. Ritual di Umbul Rara ini sudah berlangsung sejak jaman kerajaan Majapahit. Ada makam wigati KRT Soeronegoro adalah pembesar Boyolali. Makam keluarga di Ngambuh Boyolali: 

R.Ng. Wongsodimejo 

R.Ng. Soeronegoro II 

KRT Soeronegoro

R.Ng. Soeronegoro I

R.Ng. Ronosumarto.

Demang Joyosuhardjo. 


E. Daftar Bupati Boyolali 

1. RT Sutonagoro 1847-1863. Dilantik Sinuwun Paku Buwono VII, raja Surakarta. 

2. Prawirodirdjo 1863 sampai 1894. Dilantik Sinuwun Paku Buwono IX, raja Surakarta. 

3. RT Dirdjokusumo 1894 sampai 1913. Dilantik Sinuwun Paku Buwono X, raja Surakarta. 

4. RT Prawironagoro 1913 sampai 1919. Dilantik Sinuwun Paku Buwono X, raja Surakarta. 

5. RT Pusponagoro 1917 sampai 1921. Dilantik Sinuwun Paku Buwono X, raja Surakarta. 

6. RT Martonagoro 1921 sampai 1922. Dilantik Sinuwun Paku Buwono X, raja Surakarta. 

7. KRT Suronagoro 1922 sampai 1940. Dilantik Sinuwun Paku Buwono X, raja Surakarta. 

8. KRT Reksonagoro 1940 sampai 1946. Dilantik Sinuwun Paku Buwono IX, raja Surakarta. 

9. RM Projosuwito 1946 sampai 1947. Jaman Presiden Soekarno. 

11. R. Hamong Wardoyo 1947 sampai 1948. Jaman Presiden Soekarno. 

11. M. Sastrohanjoyo 1948 sampai 1954. Jaman Presiden Soekarno. 

12. RT Boedjonagoro 1954 sampai 1960. Jaman Presiden Soekarno. 

13. Suali Dwijosukanto 1960 sampai 1964. Jaman Presiden Soekarno. 

14. Letkol Soebani 1964 sampai 1972. Jaman Presiden Soekarno. 

15. Letkol Soekardjo 1972 sampai 1979. Jaman Presiden Soeharto. 

16. Letkol Thohir 1979 sampai 1984. Jaman Presiden Soeharto. 

18. S. Makgalantung 1994 sampai 1999. Jaman Presiden Soeharto. 

19. Setiawan Sadono 1999 sampai 2000. Jaman Presiden Gus Dur. 

20. Dr Djaka Sriyanta 2000 sampai 2005. Wakil Bupati KH Habib Masturi. Jaman Presiden Megawati. 

21. Drs. Sri Mulyanto 2005 sampai 2010. Wakil Bupati Seno Samudro. Jaman Presiden SBY. 

22. Seno Samudro 2010 sampai 2020. Jaman Presiden SBY dan Presiden Joko Widodo. 

Kabupaten Boyolali memiliki sejarah yang sepuh wutuh tangguh ampuh dan berpengaruh. Generasi sekarang tinggal melanjutkan perjuangan para leluhur. Gomrojog banyu bening. Tuking gunung umbul Cokro Pengging. Mili ngetan tumuju kali Larangan. Kartasura Surakarta. Sakbanjure mili neng bengawan gedhe.

Oleh Dr Purwadi, M.Hum. Ketua Lembaga Olah Kajian Nusantara LOKANTARA, hp. 087864404347

Tidak ada komentar:

Posting Komentar