Senin, 16 Oktober 2023

PENDOPO BUPATI PAJIMATAN IMOGIRI

Pendopo kabupaten Imogiri merupakan kantor pejabat kerajaan yang dipegang oleh cucu raja. Bangunan dengan bentuk Joglo menjadi pusat administrasi yang mengurusi pajimatan. 

Kedudukan bupati pajimatan dengan kraton Surakarta bersifat langsung. Pendopo kabupaten dilengkapi dengan rumah dinas. Boleh dikatakan lokasinya sangat megah mewah. 

Tiap pejabat yang dilantik tentu berdasarkan paugeran yang sudah turun tumurun. Upacara pelantikan pejabat Kraton Surakarta berlangsung dengan paugeran adat. Pengageng Sasana Wilapa Kraton Surakarta Hadiningrat melaksanakan suksesi jabatan. Kanjeng Raden Mas Haryo Joyo Adilogo diangkat sebagai bupati juru kunci Imogiri. 

Pajimatan Imogiri menempati gunung Merak yang dipilih Sultan Agung tahun 1621. Oleh karena itu segala tata cara harus mengikuti tradisi. Upacara pelantikan pada tanggal 28 Mulud atau 15 Oktober 2023. Tentu saja peserta terdiri dari pejabat kerajaan. 

Tradisi ini sudah turun tumurun. Tata cara adat bertempat di pendopo kabupaten Imogiri, kira kira pukul 15 tata cara pelantikan itu diikuti oleh segenap abdi dalem, sentana dan pengageng bebadan. Dengan duduk lesehan di atas karpet, acara pelantikan berjalan hikmat. Karaton Surakarta Hadiningrat melengkapi instrumen organisasi. Agar tata cara adat berlangsung lancar. 

Paugeran dipegang teguh. Terlebih dahulu KRMH Joyo Adilogo sowan leluhur di pajimatan Imogiri. Mohon doa restu agar lancar gancar dalam ngembani wajib. Leluhur Mataram diharap memberi doa restu. Berkah leluhur sangat penting. 

Asal usul pejabat kerajaan sangat diutamakan. Dalam lintasan kehidupan KRMH Joyo Adilogo memiliki beragam pengalaman. Ibunya GKR Galuh Kencono atau Koes Supiyah. Putri Sinuwun Paku Buwono XII ini trampil dalam bidang seni tari, tembang dan karawitan. Pada tahun 1960 an memimpin group dara istana. Paguyuban seni sering mendapat order pentas. 

Dari jalur ayah ternyata masih trahing kusuma rembesing madu. Ayah KRMH Joyo Adilogo adalah Gubernur Kalimantan  Tengah. Juga alumni UGM yang aktif dalam bidang politik dan pemerintahan. Berkali-kali mendapat tugas sebagai anggota DPRRI. Dari kalangan warga Dayak tentu menjadi tokoh ternama. Tunggak jati selalu bersemi. 

Bibit bebet bobot selalu dipertimbangkan. Pernikahan bangsawan Dayak dan putri Kraton Surakarta melahirkan BRM Bimo atau KRMH Joyo Adilogo. Saat tampil di pelataran canci Prambanan pada tanggal 16 September 2011, KRMH Joyo Adilogo menyajikan tari kiprah yang sigrak dan gumyak. 

Pengalaman adalah guru yang terbaik. Tiap acara prajurit kraton Surakarta bertugas, KRMH Joyo Adilogo memimpin barisan bregada. Bertindak sebagai panglima tampak gagah. Berjalan paling depan memimpin bregada. Seperti pada kegiatan Grebeg Sekaten tanggal 28 September 2023.

Tugas dari Kraton Surakarta bertambah lagi. Sejak tanggal 15 Oktober 2023 KRMH Joyo Adilogo resmi menjabat sebagai Bupati juru kunci Imogiri. Abdi dalem, sentana dan pengageng mangayu bagya. Organisasi kerajaan diharapkan mampu berjalan sesuai dengan program kerja. Pendopo Bupati Imogiri megah mewah. Halaman luas, pepohonan rindang, burung berkicau berlompatan. Suasana damai sejuk. Suasana magis mistis muncul dengan aura wibawa. 

Dinding dan tiyang terbuat dari kayu jati terpilih. Joglo berjajar tiga dengan arsitektur Jawa. Kelihatan agung dan anggun. Warisan historis yang penting dan bernilai tinggi. Tempat sejarah ini menjadi pelantikan KRMH Joyo Adilogo sebagai wahana pengabdian budaya. 

Kantor Bupati Pajimatan tertata dengan rapi. Sembah kalbu, yen lumintu dadi laku. Manggih hayu, ayem tentrem kang tinemu. Berkah dari leluhur melancarkan segala gerak langkah. 

Joglo kabupaten pajimatan Imogiri dengan berjajar tiga. Purwa madya wasana yang merupakan cermin manunggalnya cipta rasa karsa.

Oleh: Dr Purwadi, M.Hum.

Ketua LOKANTARA, Lembaga Olah Kajian Nusantara. HP 087864404347

Tidak ada komentar:

Posting Komentar