Senin, 25 Desember 2023

ILMU KEJAWEN SYEKH SITI JENAR

A. Wejangan Syekh Siti Jenar. 

Mbabar ilmu kejawen berlangsung di pagelaran sasana suwema. Pegiat budaya hadir dari pesisir lor tanah Jawa. Berlangsung pada hari Sabtu, 23 Desember 2023. KRT Bambang Hadipuro memberi pakaryan pada tim peneliti. Bertugas untuk melakukan dokumentasi sejarah Ratu Kalinyamat yang berguru kepada Syekh Siti Jenar. 

"Seorang guru kebatinan yang terkenal di seluruh Tanah Jawa. Agama ageming aji. Itulah Syekh Siti Jenar". Pengelola joglo Hadipuran Jepara ini menjelaskan dengan latar Kerajaan Demak Bintoro. 

Catatan budaya dilakukan untuk dokumentasi. Siaga ing gati, sawega ing dhiri. Tim peneliti terdiri dari Purwadi, Puji Ari Wibowo, Susanti Purwaningrun. Lokasi penelitian di Mantingan Tahunan Jepara dan gunung Danaraja. Dari kota Jepara sejauh 40 KM menuju arah Tayu Pati. Anelasak wana wasa, tumuruning jurang terbis. 

Kerajaan Demak Bintara lahir pada tahun 1478. Pada masa inilah berkembang ajaran ngelmu kasampurnan yang disebarkan oleh Syekh Siti Jenar. Berguru pada Sunan Bonang bersama dengan Raden Mas Sahid putra Bupati Wilwatikta Tuban. 

Kelak Raden Sahid dinobatkan menjadi anggota Wali Sanga. Bergelar Sunan Kalijaga. Adapun Syekh Siti Jenar mengembangkan ajaran Islam Kejawen. Pengaruh Syekh Siti Jenar sampai kawasan pedesaan. Ilir Ilir tandure wis sumilir. 

Kanjeng Ratu Kalinyamat merupakan pengikut Syekh Siti Jenar. Pemimpin Jepara ini menyebut ngelmu kasampurnan. Siswa lain menamakan sangkan paraning dumadi, kawruh sepuh, seserepan tuwa. Puncaknya untuk mewujudkan manunggaling kawula gusti. 


Dhandhanggula


Ingsun mulih pribadi ing urip, 

Sunan Bonang sumambung wacana, 

Jenar paran pratingkahe, 

Den arsa murweng idhup, 

Caritakna patrape kaki, 

Mesem Syekh Siti Jenar, 

Apa sira tan wruh, 

Layak karasan neng dunya, 

Yen Siti Jenar tan kewran mring ilmu jati, 

Sun latih saben dina. 

"Wedharan ilmu kebatinan disebutkan dalam kitab Babad Tanah Jawi. Ini inti sari kutipan wulangan guru kebatinan. Sebagai sarana Ratu Kalinyamat untuk melakukan pengabdian pada Kabupaten Jepara".

Penjelasan ilmu kejawen itu diberikan oleh pangarsa kejawen Ponorogo, KRA Gendut tokoh bumi reyog. 

Ajaran Syekh Siti Jenar dihayati benar oleh Ratu Kalinyamat dan masyarakat Jepara. Dalam bentuk tembang sangat menyentuh hati, karena menggunakan estetika macapat. Murih padhanging sasmita. 


Dhandhanggula


Sadat salat puwasa kawuri, 

Apa dene jakat lawan pitrah, 

Iku kawruhana kabeh, 

Murih kena ginugu, 

Islam tetep pandoming budi, 

Nelahi  kyehning titah, 

Sinung swarga besuke, 

Wong Jawa kanut sarjana, 

Tur nyatane padha bae pengin uning, 

Siswa Syekh Siti Jenar.


Kang mituhu salat lawan dikir

Anglakoni neng masjid ting krembyah, 

Pancen nana ganjarane, 

Yen wus ngapal mantramu, 

Jatine kena pinanggih. 

Neng dunya bae padha, 

susah amemikul, 

Lara sangsaya tan beda, 

Marma Siti Jenar mung madhep Hyang Widhi, 

Gusti Dat roning kamal.


Pengajaran kawruh sejati di Balong Bangsri Jepara. Dari sini lantas ilmu itu menyebar ke segala penjuru. Tafsir dan makna ajarannya ajaran Syekh Siti Jenar perlu dipahami dengan hati hati. 

Proses pembelajaran mesti urut dan tertib. Tidak boleh salah tafsir, agar tidak membuat gaduh. Dipahami dengan hati hati. 

Kesadaran historis Ratu Kalinyamat sangat tinggi. Kanjeng Sunan Kalijaga memberi sejarah berdirinya kerajaan Demak Bintara. 


Dhandhanggula 


Myang suratira Sri Narapati,

Majalengka kang dhawuh mring sira,

nulya tinampen sirage,

mring Harya Damar sampun,

ponang surat binuka aglis,

sinuksma ing wardaya,

penget layang ingsun,

Brawijaya majalengka,

Heh ta sira Harya Damar,

Sira sun paringi,

Garweng ngong putri cina.


Nanging aja kokrewang saresmi,

lah hentenen ing titipaning wang,

yen wus mijil wawratane,

sakarsanira iku,

marang putri Cina wus dadi, 

pan iku garwanira,

ywa ta hamaringsun,

sahesthining sriraning wang,

pan wus kamot aneng patra kang sun tulis,

rampung tata titinya.


Penulisan surat di astana sastra wulan Mojokerto. Tafsir dan makna ajarannya dipahami Ratu Kalinyamat. 

Sejarah perlu dipelajari untuk merancang kehidupan pada masa mendatang.

Banyak pelajaran pada masa silam yang dapat digunakan untuk referensi hari ini dan hari esok. Babad Tanah Jawi mencatat peristiwa kerajaan. 

Sejarah kerajaan Majapahit pernah mengalami masa kejayaan, keemasan dan kemakmuran. Pemerintahan kuat, bersih dan berwibawa. Rakyat hidup makmur rukun dan bahagia. Kerajaan Majapahit menjadi sumber tenaga untuk mengembangkan jiwa kebangsaan.

Jepara turut berkontribusi atas berdirinya Kraton Demak Pajang dan Mataram. Wajar bila KRT Bambang Hadipuro memimpin Paguyuban Abdi Dalem Karaton Surakarta Hadiningrat. Peresmian tanggal 16 Nopember 2019 di Joglo Hadipuran Sukodono Tahunan Jepara. 

Serat Syekh Siti Jenar diulas dalam berbagai sudut pandang. Ngelmu kasampurnan ini menyebar di seluruh kawasan tanah Jawa. 

B. Kawruh Kasampurnan Jawa. 

Ilmu kasampurnan mengantarkan pada ketentraman lahir batin. Syekh Siti Jenar mewariskan ajaran luhur yang berpusat di Balong Bangsri Jepara. 

Joglo Hadipuran meneliti Sejarah Ratu Kalinyamat yang dihubungkan dengan berdirinya Kraton Pajang. Agar diperoleh pemahaman yang utuh. 

Kraton Pajang berdiri pada tanggal 24 Juli 1546. Rajanya bernama Joko Tingkir atau Mas Karebet. Bergelar Sultan Hadiwijaya Abdul Hamid Panetep Panatagama. 

Jasa besar Joko Tingkir adalah menjaga kehormatan Kerajaan Demak. Maka Ratu Kalinyamat memberi dukungan penuh. Joko Tingkir penyelamat kerajaan dari bahaya krisis politik. Trah kusuma rembesing madu. 


Pangkur 


Nimas Ratu Kalinyamat, 

Tilar wisma sumengka angganing wukir, 

Tapa wuda sinjang rambut, 

Aneng gunung Danaraja, 

Apratiknya tan arsa tapihan ingsun, 

Yen tan antuk adiling Hyang, 

Patine sedulur mami. 


Kapindhone kakung ingwang, 

Hiya dene si Jipang kang mateni, 

Yen ora kelakon lampus, 

Si bethut Arya Jipang, 

Eningena gantiya ingkang winuwus,

Pangeran Harya Penangsang, 

Pajineman kang den ulig.


Kelangkung prawiranira, 

Agal alus tan ana den wegahi, 

Cinatur jineman wau, 

Dhasar wong tau tatal,

Asring kinen akarya randhaning Ratu, 

Kekes Bupati bang wetan, 

Dene wong papat sinekti.


Pangeran Jipang ngendika, 

Mring wong papat kang sarya den kasihi, 

Kabeh sun jaluk gawemu, 

Padha lakuwa dhustha, 

Lan cidranen Sultan Pajang amrih lampus, 

Yen kelakon gawenira, 

Papat suk karya Bupati.


Si Setan Kober tamakna, 

Pamit nembah dhuwung dipun tampeni, 

Winanti wanti dhustha wus, 

Mesat sekawan pisan, 

Tan kawarna, lampahe sekawan rawuh, 

Kabeh kudu kawruhana, 

Amomor duk kala menjing.


Wus prapta sajroning pura, 

Kawarnaa lakune dhustha nenggih, 

Murih dalan ribet ribut, 

Malumpat pager bata, 

Panjingira aneng sajroning Kadhatun, 

Maling sekti papat pisan, 

Wus prapta pra sami ndingkik.


Mataram memang kelanjutan Pajang. Sambung menyambung demi anyaman peradaban. Tafsir dan makna ajaran mengandung nilai sejarah. Panembahan Senapati adalah putra Sultan Hadiwijaya yang diasuh Ki Ageng Pemanahan. 

Ratu Kalinyamat adalah putri Sultan Trenggana, raja Demak. Beliau bertapa di gunung  Danaraja. Tempat bertapanya bernama Sonder. 

Suami Ratu Kalinyamat bernama Pangeran Hadirin. Seorang pengusaha kaya raya yang berasal dari kerajaan Samudra Pasai. Ratu Kalinyamat merupakan pendiri kabupaten Jepara. Jasanya amat besar atas berdirinya kerajaan Pajang yang merupakan leluhur Sinuwun Prabu Hanyakrawati. Dari Pajang inilah lantas kerajaan mataram berdiri.

Atas perjuangan Ki Ageng Pemahanan, Ki Ageng Penjawi dan Ki Ageng Jurumartani. Pajang berdiri kokoh. Mengingatkan Joko Tingkir berguru pada Ki Ageng Banyubiru. 

Kali Serang yang berhulu dari Gunung Merbabu berhubungan dengan kota Salatiga. Asal KRT Bambang Hadipuro yang sekarang tinggal di Sukodono Tahunan Jepara. Makam Ratu Kalinyamat di Mantingan berjarak 2 km dari joglo Hadipuran.

Untuk memberi dukungan tim peneliti, KRT Bambang Hadipuro mengajak seniman ISI Surakarta. Pentas pedalangan dengan lakon wayang yang dilakukan oleh muda mudi. Biar seni edi peni tetap lestari.

KRT Bambang Hadipuro merupakan pewaris ajaran Syekh Siti Jenar. Yakni kelarasan sosial berbasis toleransi dan keberagaman. 

"Jepara sumber ajaran kasepuhan Kejawen." Tokoh kebudayaan pesisir kelahiran Salatiga ini menjelaskan kepada sanak kadang.


Purwadi. 

Ketua Lembaga Olah Kajian Nusantara LOKANTARA, 

Hp: 087864404347

Tidak ada komentar:

Posting Komentar