Senin, 01 Januari 2024

BABAT KABUPATEN BANTUL

A. Berdirinya Kabupaten Bantul.

Tata pemerintahan kabupaten Bantul dimulai pada tanggal 20 Juli 1831. Saat itu Bantul di bawah kekuasaan Kraton Yogyakarta. Raja yang memerintah Ngarsa Dalem Sri Sultan Hamengku Buwana V. 

Pelantikan bupati Bantul dihadiri perdana menteri Patih Danureja. Secara berurutan para Bupati yang memimpin Kabupaten Bantul. Mereka berhasil melayani masyarakat, sehingga dihidupkan bertambah makmur ayem tentrem. 

dhandhanggula


Winisuda pangarsa pinilih, 

Bupati Bantul Mangunagara, 

Labuh labet ingkang gedhe, 

Warsa sengkalanipun, 

Surya murup estining bumi, 

Narendra Yogyakarta, 

Maringi pangestu, 

Sultan Hamengku Buwana, 

Kaping lima sinartan Rekyana Patih, 

Danureja sudibya. 


Suka gembira kawula redi, 

Surak mawurahan kutha desa, 

Bendhe beri slompret rame, 

Ngumandhang puksur tambur, 

Tumata barisan prajurit, 

Regeng nggayeng upacara, 

Tinon asri arum, 

Kembul bujana ndrawina, 

Jroning kapti wong sapraja sung sesanti, 

Manggih mulya yuwana. 


Wisuda bupati Bantul berjalan lancar. Semua demi pengabdian pada rakyat. Untuk itu dibacakan pula konsep kepemimpinan yang bersumber dari ajaran hasta brata. Karya Yasadipura digunakan sebagai pegangan. 

Wulang wuruk tata praja diperhatikan. 

Para Bupati Bantul bekerja sepenuh hati. Berdasarkan ajaran warisan leluhur. Yaitu berupa butir butir kearifan lokal. Sebagai sarana untuk memperkokoh jatidiri bangsa. Tlatah ingkang kebak berkah. Sejak berdirinya tahun 1831 sebagai Kabupaten yang mandiri, Bantul selalu hadir untuk memberi kontribusi. Bersama dengan elemen warga bangsa lainnya, masyarakat Bantul saiyeg saeka kapti, murih jayaning ibu pertiwi. 

Cerita alas Mentaok. Raja Mataram bagi masyarakat Bantul telah memberi tepa palupi suri teladan. Panembahan Senapati mendirikan kerajaan Mataram di Kotagedhe  pada tahun 1582. Saben mendra saking wisma, lelana laladan sepi. Ngingsep sepuhing supana mrih pana pranaweng kapti. 


Mijil


Nihan Panembahan Senapati, 

Babat Alas Mentaok, 

Sesepuh praja karya sumendhe, 

Pamanahan lan Juru Martani, 

Myang Ki Ageng Giring, 

Ambangun Matarum. 


Sutawijaya nuli mertapi, 

Gladhen olah batos, 

Jroning liyep layaping sumare, 

Wahyu jatmika ing madyane jaladri, 

Ngereh tanah Jawi, 

Kanjeng Ratu Kidul. 


Lara lapa tapa brata. Perjuangan terus berbuah. Ibukota Mataram pindah ke Kerta Bantul tahun 1613 pada jaman Kanjeng Sultan Agung Hanyokro Kusumo. Lantas pindah ke Plered Bantul tahun 1646 pada jaman Sinuwun Amangkurat Agung. Jadilah ibukota Mataram yang megah mewah indah gagah. Berkembang seni edi peni, budaya adi luhung. 

Perjuangan raja Mataram itu dikenang sepanjang masa oleh para pemimpin Bantul. Guna melakukan pengabdian pada nusa dan bangsa. Labuh labet marang negara. Serat nitisruti sebagai pemandu hati. Catatan emas sudah digores oleh para Bupati Bantul. Dari masa ke masa Bantul tampil meyakinkan. Segenap Bupati Bantul perlu diketahui. Karena mereka mewariskan nilai keteladanan. Mungguh sumbere piwulang tata praja kang utama. 

1. KRT Mangunagoro 1831-1845.

2. KRT Joyodiningrat. 1845-1851.

3. KRT Tirtonagoro 1851-1852.

4. KRT Nitinagoro 1852-1855.

5. KRT Danukusumo 1855-1878.

6. KRT Joyowinoto 1878-1878.

7. KRT Joyodipuro 1878-1790.

8. KRT Suryokusumo. 1890-1899.

9. KRT Mangunyudo 1899-1913.

10. KRT Purbodiningrat 1913-1818.

11. KRT Tejokusumo 1918-1943 

12. KRT Joyodiningrat 1943-1947.

13. KRT Tirtodiningrat 1947-1951.

14. KRT Purwoningrat 1951-1953.

15. Partaningrat 1955 - 1958.

16. KRT Wiranibgrat 1958-1958.

17. KRT Setyosudono 1958-1960.

18. KRT Sosrodiningrat 1960-1969.

19. KRT Projoharjono. 1969-1970.

20. KRT Sutono Mangunsasmito 1970-1980.

21. Suherman Purbosaputro 1980-1986.

22. Suryo Padmohadingrat 1986-1991.

23. KRT Yudohaningrat 1991-1998.

24. Drs HM Idham Samawi 1998-2010.

25. Hj Sri Surya Widati 2010-2015.

26. Drs Suharsono 2015-2021.

27. H Abdul Halim Muslich 2021_2024.

Bantul punya semboyan Projo Taman Sari. Akronim PROJO TAMAN SARI bermakna Produktif, profesional, ijo royo royo, tertib, aman, sehat, asri. Agar rakyat sejahtera lahir batin. Masyarakat bersatu padu, demi keberhasilan bersama. Gotong royong dha tumandang gawe. 


Lagu Geplak Bantul. 


Kutha Yogyakarta mas misuwur gudhege, 

Kanca geplak Bantul gathot thiwul Gunung Kidul, 

Pancen enak tenan salak pondhoh Sleman, 

Dolan menyang Wates mundhut gebleg sarwa pantes, 

Njajah desa milang kori nggoleki condhonge ati, 

Pasar Godean kripik welut pinggir dalan, 

Kaliurang jadah tempene, 

Yen kuthagedhe kondhang yangkowe. 


Begitulah ragam kuliner di kabupaten Bantul. Tiap waktu makin berkembang. Sate klathak Wonokromo Jejeran Bantul terkenal enak edi mirasa. Kembul bujana andrawina di sepanjang jalan Imogiri timur. 

Tata Cara Ritual di Bantul. Dalam lintasan sejarah Kabupaten Bantul merupakan kawasan penting. Misalnya saja tata cara ritual di Pajimatan Girilaya dan Imogiri. Kedua makam di wilayah Bantul ini cukup tersohor. 

Leluhur Mataram sumare ing Puralaya Kotagedhe, Pasareyan Girilaya lan Pajimatan Imogiri. Kanjeng Panembahan Senapati lan Sinuwun Hadi Prabu Hanyakrawati sumare ing Puralaya Kotagedhe. Candrane sekar kang rinumpaka. 


Maskumambang


Kasinungan drajat pangkat semat inggil, 

Sowan aneng Puralaya, 

Kotagedhe ambarkahi, 

Prebawa makam narendra. 


Ki Ageng Pamanahan Juru Martani, 

Lan Ngabehi Loring Pasar, 

Inggil makam Jaka Tingkir, 

Prabu Hadi Nyakrajagat. 


Wondene Kanjeng Ratu Banuwati sumare ing Pasareyan Girilaya Bantul. Ingkang sumare ing Girilaya sanesipun nenggih Sultan Abdul Karim raja Cirebon. Lajeng Ratu Mas utawi Pembayun Ratu Kulon, garwa dalem Sinuwun Amangkurat Agung. Lajeng peputra Sri Amangkurat Amral. Mila Pasareyan menika kalebet pepundhen Mataram. 

Gegadhengan kalian tata cara, katindakaken memule leluhur kekalihipun. Upacara Memule lumampah anut paugeran ingkang sampun turun tumurun.

Wanci dinten Ahad Pahing, 18 Oktober 2020 Karaton  asung pepenget kagem alusipun GKR Galuh Kencono. Rayi dalem nata. Tata cara mendhak kapandhegan dening Pangageng Sasana Wilapa. Punika kadherekaken sentana lan abdi dalem. 

Dene GKR Galuh Kencono surud ing kasedan jati, manjing ing tepet suci, lajeng sumare ing Pajimatan Imogiri Bantul. Lenggah tunggil papan kaliyan Sinuwun dalah Kanjeng Ratu Ageng. Astana Kaping Kalih Welasan, winangun Joglo Kelanggengan.

Abdi dalem Karaton pacak baris. Sekar sumawur aganda arum kasangkul winadhahan baki. Mawar melathi kenanga rinumpaka edi peni. Dupa garu rasamala angiringi. Lon lonan lumampah nut abaning pangarsa.

Kepareng nyalirani GKR Wandansari, GKR Retno Dumilah, GKR Ratu Timur, KPH Wirobhumi. Sesulih kulawarga KPH Satriya Hadinagoro, Kepareng rawuh Bendara Raden Ayu Salindri lan Ndoro Bimo. Sedaya sami amemuji kagem leluhur ingkang sampun cinandhi ing ngawiyat. Abdi dalem anon anon ingkang ndherek maneka warni. Saking tlatah Sukoharjo, Karanganyar, Boyolali, Klaten. Paguyuban Kawula Karaton  wiwit enjing sampun siyaga ing gati, sawega ing dhiri. Minangka pengageng sigra paring dhawuh. KRT Wiradipura kadhawuhan tahlil tahmid takbir. Ndedonga mawi cara Kejawen Islam Kraton. Kanthi nyebat para nata ingkang dados pepundhen ing Tanah Jawi.

Kukusing dupa kumelun, sumundhul ing ngawiyat. Ganda arum sumerbak sajuru juru. Pajimatan regeng ngengreng merbawani. Pendherek saluku juga, lampah manekung. Ngeningken cipta, amepet pancandriya. Satunggal ingkang sinidhikara.


Sinom


Tumraping kadang taruna, 

Ingkang taksih ngudi ilmi, 

Nggulawenthah ing sekolah, 

Pasinaon guru murid, 

Mutih dadi bocah wasis, 

Kudangane tiyang Bantul, 

Priyayi Yogyakarta, 

Pangajab ibu pertiwi, 

Nusantara widada bagya wibawa. 


Suka maos kitab babat, 

Lelakon sampun kawuri, 

Bisa kanggo pelajaran, 

Pangracutan sastra gendhing, 

Tripama dewaruci, 

Witaradya sana sanu, 

Kalatidha crita Panji, 

Warni warni candrarini, 

Sugih wacan nambah jembare wawasan. 


Serat babat ditulis pujangga Jawa. Putri Sinuwun Hamardika ingkang peng pengan. Wondene Gusti Galuh Kencono miyos Maret 1950 – Oktober 2019. Pusara putra Dalem Sinuwun  menika karengga payung ingkup warni jene. Kayu tetenger kinalungan melathi rinonce. Ing papan Pasareyan Gusti Galuh Kencono kraos adhem ayem. Swargi kagungan kautaman, ingkang akarya sengseme sesami. 

Pasareyan Girilaya dipun pepundhi dening darah nata. Para abdi dalem sami enget luhuring budi. GKR Galuh Kencono asring tedhak ing sadhengah papan. Welas asih dhateng Kawula dasih. Kraton  dipimpin oleh Pengageng Sasana Wilapa melakukan tata cara nyadran. Upacara ini bertempat di Pajimatan Imogiri, yang digunakan sebagai makam raja-raja Jawa. Kegiatan nyadran ini diselenggarakan pada hari Kamis Wage, tanggal 19 Mei 2016. Astana Pesareyan Imogiri dibangun oleh Kanjeng Sultan Agung Hanyokro Kusumo. Beliau adalah raja ketiga Mataram yang memerintah tahun 1613-1645. Para Raja Mataram pendahulunya yaitu Panembahan Senopati (1575-1601) dan Prabu Hadi Hanyokrowati (1601-1613) dimakamkan di Hastana Kota Gedhe.

B. Sasana Gunung Merak

Sultan Agung Hanyokro Kusumo selalu menjalankan sholat Jumat di Mekkah. Pulang ke Kraton Mataram membawa batu dari Tanah Suci. Batu sakti tersebut dilempar dari Tanah Arab.  Jatuhlah batu ajaib tersebut di atas Gunung Merak Imogiri Bantul pada tanggal 30 Juni 1640. Sultan Agung mulai membangun makam untuk keluarga dan keturunan Kraton Mataram.

Pada tanggal 1 Januari 1641 Sultan Agung mendapat gelar Khalifatullah dari Kasultanan Turki. Selama pembangunan Hastana Pajimatan Imogiri, Sultan Agung mendapat bantuan dari Raja Mesir, Persia, Yaman, Gujarat, Samudra Pasai, Delli Serdang dan Kasultanan Melayu. Sejak itu tanah di Pajimatan Imogiri selalu meniupkan bau harum wangi semerbak.


Gambuh


Pasareyan Sultan Agung, 

Mapan ana sadhuwure gunung, 

Rila karti rasa aji ingkang wanci, 

Imogiri naminipun, 

Suwargane para katong. 


Gunung Merak Misuwur, 

Sarana memule arwah luhur, 

Ngesti mukti abdi dalem darma bakti, 

Donga pangastuti kabul, 

Mligi malem Slasa Kliwon. 


Masa silam terus dianyam. Maka

sesungguhnya kraton  selalu sowan di pesareyan para leluhur yang tersebar di seluruh tanah Jawa dan Madura. Misalnya : makam Ki Ageng Tarub, Ki Ageng Sela, Ki Ageng Pemanahan, Ki Ageng Enis, Ki Ageng Ngerang, Panembahan Senopati, Sri Susuhunan Amangkurat Tegal Arum dan Bathara Katong Ponorogo.  

Kabupaten Bantul menjadi tempat untuk meditasi. Saking sajuru juru sama berdatangan. Ilmu iku kelakone kanthi laku. 

Keteladanan Bagi Warga Bantul. Jasmerah, jangan sekali kali meninggalkan sejarah. Ucapan bijak ini menjadi kesadaran bagi warga Bantul dalam memandang masa lampau. 

Tata cara nyadran yang dilakukan Kraton  melibatkan abdi dalem, sentana dan pengageng kraton. Setiap tahun diselenggarakan secara rutin. Adapun makam para raja yang disowani yaitu para raja Mataram. Para abdi dalem yang tergabung dalam Paguyuban Kawula Kraton  dengan setia mengikuti jalannya upacara. Mereka berasal dari Surakarta, Boyolali, Sukoharjo, Karanganyar, Wonogiri, Sragen, Klaten, Ngawi, Ponorogo, Kediri, Nganjuk, Blitar, Malang, Surabaya, Tuban, Grobogan, Semarang, Cilacap, Jakarta dan Banyumas. Mereka berdatangan ke Bantul untuk meditasi. 

Para abdi dalem Kraton dibagi menurut kelompok dan tugasnya. Hal ini mengingat jumlah peserta yang banyak, maka demi efektifitas dan efisiensi,  pembagian itu dilakukan pada masing-masing kompleks makam. Untuk pertama kalinya doa bersama ditujukan kepada makam raja Sultan Agung. Kemudian upacara nyadran dilakukan di masing-masing raja sesuai dengan urutan waktu saat memerintah. Kanjeng Sultan Agung Hanyokro Kusumo mangkat pada hari Jum'at Legi tahun 1645 M. Beliau merupakan raja yang pertama kali dimakamkan di Hastana Pajimatan Imogiri.

Di sebelahnya juga dimakamkan GKR Batang, permaisuri Sultan Agung. Turut serta para abdi dalem setia, seperti Dalang Panjangmas. Orang-orang terdekat ini mendapat kesempatan untuk beristirahat di Hastana Imogiri. 

Susuhunan Amangkurat Amral berlanjut. Kemudian putranya terus menggantikan menjadi raja dengan nama Kanjeng Susuhunan Amangkurat Amral yang bertahta di Kartosuro. Tak lama ia memerintah akhirnya mangkat pada hari Sabtu Kliwon jam 8 malam pada tanggal 23 Jumadilakir tahun Alip 1627 atau 1703 Masehi. Susuhunan Amangkurat Mas. 

Ia digantikan puteranya yang bergelar Kanjeng Susuhunan Amangkurat Mas. Beliau wafat pada tahun 1708. 

Keluarga Kraton  sebelum melakukan nyadran pada setiap bulan Ruwah, terlebih dulu sowan di Pajimatan Imogiri menjelang upacara tingalan jumenengan. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Kamis, 14 April 2016. Pengageng Sasana Wilapa Kraton  memimpin upacara unjuk uninga di makam Sultan Agung. Acara ini diselenggarakan dalam rangka menyambut tatacara jumenengan nata dan pusaka Bedhaya Ketawang. Pengetan jumenengan nata tiba pada tanggal 25 Rajab atau 3 Mei 2016. Sebagian warga Bantul turut pula sibuk. 


Pangkur


Rekadaya pemerintah, 

Marsudi budaya Jawi lestari, 

Aneng Kabupaten Bantul, 

Parisuka wisata, 

Bapak ibu pejabat menggalih tuhu, 

Mbudidaya saben dina, 

Esuk sore siyang ratri. 


Kuncara ing jagat raya, 

Majapahit Demak Pajang Mentawis, 

Sanyata sejarah luhung, 

Paring tepa tuladha, 

Warga Bantul legawa gelem acucul, 

Tansah sesumbang gagasan, 

Kagem majune negari. 


Partisipasi warga Bantul selalu tinggi. 

Penghormatan pada leluhur memang perlu. Kraton Surakarta yang dikoordinir oleh pangageng sowan ke makam Kotagedhe. Di sana bersemayam Ki Ageng Pemanahan, Juru Martani dan Panembahan Senopati.  Untuk menghemat energi dan waktu, pajimatan Kotagedhe dipimpin oleh pangarsa. Acara ini tiap tahun dilakukan menjelang penobatan raja, boleh dibilang acara unjuk uninga bersifat sederhana. Hanya diikuti oleh sebagian abdi dalem.

Sedangkan acara Nyadran berlangsung lebih semarak, dengan menyertakan abdi dalem dari berbagai daerah setiap kompleks makam dikunjungi oleh para pengageng Kraton. 

Kompleks makam Imogiri  Kabupaten Bantul khusus buat raja, istri, anak dan menantu. Untuk tingkat cucu sudah tidak berhak. Cucu cicit raja mendapat jatah pemakaman di Astana Laweyan. Begitulah tradisi yang sudah berlangsung selama berabad-abad.

Kraton  dengan konsekwen dan kontinyu menyelenggarakan upacara adat. Eksistensi kekuasaan tradisional harus dibangun melalui aktivitas kultural dan ritual.Kira kira pukul 12.30 WIB, upacara unjuk uninga dimulai. Abdi dalem yang bertugas di makam Imogiri segera bersiap-siap. 

Bunga melati, mawar, kenanga diiris halus. Abdi dalem Purwa Kinanti membawa kembang yang diwadhahi baki. Abdi dalem berbusana Jawa berjalan menuju makam Sultan Agung. Berjalan di depan yang diikuti barisan abdi dalem. Para abdi dalem putri mengenakan kemben. Putri raja boleh memakai kebaya. Abdi dalem kakung mengenakan baju beskap, blangkon, samir, jarik, bebedan, stagen, sabuk wala. Di makam tanpa memakai keris.

Jarak kompleks Sultan Agung dengan transit sekitar 200 m. Makam Sultan Agung menduduki tempat yang paling tinggi. Dari tangga makam yang jumlahnya 450 langsung naik ke makam Sultan Agung. Lantai marmer berkelas tinggi, atap rapi, tiang dinding kayu jati. Fentilasi, pengaturan udara, tata ruang dengan menggunakan arsitektur yang berkualitas.


Asmarandana


Patuladhan adipati, 

Milih papan dhahar eca, 

Enak penak garapane, 

Kabeh warga desa kutha, 

Among dagang juru tani, 

Kawula wilayah Bantul, 

Sengkut gumregut makarya. 


Palupi Juru Martani, 

Ngembani raja Mataram, 

Pura agung wisma bale, 

Pekarangan dhatulaya, 

Kotagedhe Plered Kerta,

Winangun urut lan patut, 

Bantul sangsaya kawentar. 


Belajar masa silam banyak keutamaan. 

Barangkali di seluruh Asia Tenggara makam ini paling mengesankan. Daya magis, nilai spiritual dan keindahan terpancar dari pajimatan Imogiri Bantul. Lama waktu ziarah hari Kamis, 14 April 2016 ini selesai pukul 14.30. Dilanjutkan makan siang. Semua pendherek begitu lahap, mat-matan, gembira ria, suka hati. Sejak siang memang belum makan. 

Ditambah tenaga ekstra untuk perjalanan naik turun tangga yang lumayan tinggi. Energi jelas terkuras. Begitu makan siang dihidangkan maka terasa enak dan nikmat. Memang Bantul kaya akan ragam kuliner. Kembul bujana andrawena. Sigrak gumyak jenak enak kepenak. 

C. Mesu Budi di Pajimatan. 

Pengertian mesu budi sama dengan mengheningkan cipta. Tiap hari orang datang ke Bantul untuk melakukan wisata spiritual. Misalnya di Puroloyo Kotagedhe, Pajimatan Imogiri, Pajimatan Girilaya dan Cepuri Pantai Parangkusumo. 

Pesareyan Imogiri Bantul terdapat masjid, padasan, gapura, tangga naik, kelir, dan cungkup.

Berdasarkan tinggalan yang ada didalamnya Pemakaman Imogiri Bantul dapat dibedakan menjadi dua bagian, yaitu:

Tingalan yang terdapat di halaman dalam tembok keliling makam terdapat gapura, kelir, cungkup, padasan dan makam. Tinggalan yang terdapat di halaman luar tembok keliling makam terdapat masjid, tangga naik, dan padasan. Pasareyan Imogiri dikelilingi tembok bata yang tinggi dan terdiri dari empat halaman. Untuk memasuki halaman  pertama terlebih dahulu  melewati gapura candi bentar, supit urang dan di halaman ini ada kelir, bangsal, padasan, dan makam. 

Bagian halaman kedua, ketiga, dan keempat terdapat kesamaan unsur yang ada di dalamnya, yaitu terdapat pintu penghubung di tiap-tiap halaman makam berupa gapura paduraksa, kelir di depan gapura, juga makam yang terdapat di tanah terbuka serta terdapat makam yang terletak di dalam cungkup. Makam yang terletak di tanah terbuka, yaitu makam penghulu Ketagen, makam Patih Singoranu. Adapun makam yang terletak di dalam cungkup, misalnya saja makam Sultan Agung. 

Selain bercungkup, makam Sultan Agung ini juga diberi tempat sesaji. Lokasi makam Sultan agung terletak pada posisi di bagian paling dalam karena pada bagian tersebut dianggap memiliki tingkat kesakralan yang paling tinggi.  

Tata ruang makam Imogiri di dalamnya memiliki benteng yang cukup tinggi, serta memiliki empat halaman. Halaman pertama terdapat kelir, bangsal, padasan, dan makam itu sendiri. Unsur estetika terpelihara. 


Durma


Pajimatan mogiri Girilaya, 

Aneng pucaking giri, 

Nama gunung Merak, 

Putra mantu garwa prameswari, 

Brayat narendra, 

Lamun dugi swargi, 


Kasunyatan kasebut jati kaswargan, 

Dhasar astana puri, 

Sela rumpaka, 

Patamanan asri anglami, 

Tuwuh wit witan, 

Mawar gadhung melathi. 


Bangunan pajimatan Imogiri asri. Pada bagian halaman kedua, ketiga, keempat terdapat kesamaan unsur bangunan yaitu ada pintu penghubung pada tiap-tiap halaman makam yang berupa gapura paduraksa, kelir yang selalu ada di depan gapura, dan cungkup. Masing -masing kompleks makam tersedia ruangan untuk transit dan berfungsi sebagai markas para abdidalem juru kunci. Barangkali tempat transit ini semacam peristirahatan atau pesanggrahan. Perjalanan untuk menuju makam Imogiri Bantul bisa dilewati melalui dua jalur.

Pegunjung bisa lewat tangga berundak yang jumlahnya lebih dari 450. Tentu saja diperlukan tenaga besar. Bagi mereka yang menjalankan laku ritual, pasti tidak merasakan beban apapun. 

Para abdi dalem siap untuk memandu, bagaimana cara menempuh tangga supaya terasa agak ringan. Cara jalan dengan maju miring. 

Pengunjung bisa lewar jalur jalan barat. Dari parkiran terminal  naik kira-kira 500 m. Sebelum anik perlu mengisi tenaga. Sudah tersedia jajanan makanan aneka ragam. Rupa- rupa makanan kecil yang enak murah. Makanan besar dengan lauk-pauk tradisional, sayur-mayur segar seperti daun ketela pohung, nangka, terong, kacang, kangkung, bayam. Rasanya enak, segar, gurih nikmat.

Minuman wedang uwuh terkenal segar, nikmat dan bisa untuk obat sakit encok, jimpe, pegal linu dapat diobati dengan minum wedang uwuh. Begitu diminum badan terasa segar sumyah. Bahkan ramuan wedang uwuh tersedia dalam bentuk kemasan, bisa untuk oleh-oleh di rumah. Jer basuki mawa beya. 

Urip mampir ngombe. Wedang uwuh terkenal dan ramuannya tersedia di mana -mana. Pada masa depan menjadi barang komoditas ekspor. Mutu barang terjamin, kualitas pasti bagus. Perlu tenaga promosi dan marketing. Pasar dunia terbentuk, maka roda ekonomi berputar cepat.

Orang berdatangan di sepanjang gisik kidul wilayah Bantul. Kira-kira pukul 16.00 rombongan Kraton menuju Pantai Parangkusumo. Kali ini pangageng yang bertugas memimpin upacara di pajimatan Kotagedhe langsung ke pantai selatan Bantul . Tampak menyertai KP Satriyo Hadinegoro, KPA Brotodiningrat beserta dengan abdi dalem.


Pucung


Para ratu nindakake sembah kalbu, 

Raga cipta jiwa, 

Eneng ening rasa jati, 

Wus lumampah putra wayah nampa berkah. 


Gisik kidul papane kadang pinunjul, 

Satata panembah,

Panggraita amrih lantip, 

Wiyar jembar linambar jagat gumelar. 


Meditasi mengantar tajamnya hati. Karena terlebih dulu wedangan di tempat transit. Dengan berbaju Jawa lengkap, tampat merbawani, ngengreng dan bersinar. Jelas keberadaan mereka unggul dibanding dengan kedatangan para turis yang lalu lalang. Satu bertujuan rekreasi, satunya lagi bertujuan meditasi.

Kembang melati dalam bokor kencana dibawa oleh para abdi dalem. Barisan rapi dengan busana kejawen sungguh agung dan anggun. Sinar matahari yang terhalang mega mendung mmbuat hawa tak begitu panas. Angin laut yang berhembus dari Samudera Selatan menyisir berkap dan kebaya. 

Ratusan mata yang berkunjung di tepi pantai Parangkusumo Bantul memandang abdi dalem yang mengunjungi pantai Parang Kusumo Bantul. Pasir laut yang lembut menjadi alas untuk duduk timpuh. Pangarsa kedhaton mengheningkan cipta. Semua abdi dalem mengikuti. Tanpa alas kaki semua duduk langsung di atas pasir.

Abdi dalem purwo kinanthi membawa bunga melati. Tepat di pinggir pantai ombak berdebur menerima sebaran bunga melati. Sebaran kembang dibawa ombak, terpantul balik kembali ke tepian. Kembang melati berjajar jajar di tepi bibir pantai. Indah sekali suasana kegiatan ritual di kabupaten Bantul. Tampak seperti pembatas antara laut dan darat. Demikianlah prosesi upacara nyadran yang dimaksudkan untuk memuliakan jasa para leluhur, para raja yang pernah memerintah kraton Mataram.

Tujuan upacara nyadran Kraton  yaitu untuk memuliakan para leluhur yang telah membangun peradaban masa silam. Kejayaan yang telah dirintis perlu dilestarikan untuk pijakan pada masa kini. Pada masa mendatang segala tindak tanduk dan aktivitas kebudayaan diharapkan memperoleh masa kejayaan. Tradisi nyadran di Bantul yang selalu diselenggarakan oleh Kraton terbukti dapat mengokohkan kepribadian para pendherek yang setia menyertai laku spiritual. Para abdidalem yang selalu siyaga ing gati, sawega ing dhiri benar-benar merasakan kekuatan rohani. Mereka mendapatkan berkah yang berupa ketentraman lahir dan batin dalam segala lapangan hidup.


Megatruh


Sinar mantul anelahi tlatah Bantul, 

Parangkusumo ing gisik, 

Wahyu jatmika tumurun, 

Laku sarjana martapi, 

Mataram mbangun kedhaton. 


Senapati Nyakrawati Sultan Agung, 

Amangkurat kang lumintir, 

Wus ngrenga wilayah Bantul, 

Nitipraja andhasari, 

Kasusra makmur wigatos. 


Masyarakat Bantul menghormati pemimpin masa lampau. Jasa dan perjuangan para leluhur Mataram sebenarnya kelanjutan dari cita-cita kerajaan Majapahit, Demak Bintoro dan Kasultanan Pajang. Jejak mulia ini hendaknya selalu diwariskan dan dilestarikan secara nak tumanak run tumurun.

Bantul siap menyongsong masa depan. Jaman keemasan Jawa akan menjadi kenyataan dan berwujud dalam sesanti negari kang panjang punjung pasir wukir, gemah ripah loh jinawi, tata tentrem karta raharja.

Oleh: Purwadi. 

Ketua Lembaga Olah Kajian Nusantara, LOKANTARA. 

Hp 087864404347

Tidak ada komentar:

Posting Komentar