Jumat, 22 Desember 2023

Daya Mistik Pesanggrahan Pracimaharja

Pesanggrahan Pracimaharja terletak di sebelah timur gunung Merapi. Antara pesanggrahan Pracimaharja dengan gunung Merapi terdapat gunung yang dianggap lebih tua. Namanya gunung Bibi. 

Demikianlah penjelasan KRA Haryanto Hadiningrat, selaku ketua panitia wilujengan. Acara ritual diselenggarakan pada hari Kamis Legi, tanggal 21 Desember 2023. 

" Acara wilujengan ini bertempat di pesanggrahan Pracimaharja. Diikuti segenap juru kunci gunung Merapi dan gunung Bibi." Kata pangarsa abdi dalem yang berprinsip setya saraya rumeksa. 

Pracimaharja berarti kedamaian yang terletak di wilayah barat. Pesanggrahan merupakan tempat untuk bermukim dan meditasi. Juru kunci gunung Merapi dan gunung Bibi berkantor di pesanggrahan Pracimaharja. Sebagai penjaga keselamatan alam pegunungan. 

Luas pesanggrahan Pracimaharja lebih dari 10 hektar. Terdiri dari alun alun, kolam, kebun, pendapa, palereman dan palanggatan. Kawasan cagar budaya dilindungi oleh undang-undang. 

Tiap malam orang datang untuk tirakatan. Punya gawe mantu, tetakan, tingkeban, mitoni, sepasaran, selapanan dan tironan terlebih dulu berdoa di pesanggrahan Pracimaharja. Tepatnya di sanggar palanggatan. 

Sanggar palanggatan berada di bagian belakang pendapa. Bau dupa, kemenyan dan lisah jebat kasturi aganda arum. 

" Orang percaya doa nenuwun di sanggar palanggatan selalu terkabul". Terang KRA Haryanto Hadiningrat dengan menunjukkan ruang semedi. 

Diakui juga oleh Kanjeng Ahmadi pamong Kyai Slamet Pengging. 

" Bahaya erupsi gunung Merapi tak mungkin menimpa kawasan Boyolali, Klaten, Sukoharjo dan Karanganyar. Merapi tunduk pada gunung Bibi". Kata Kanjeng Ahmadi meyakinkan. 

'Erupsi gunung Merapi pada tahun 2010 termasuk dahsyat. Tapi tetap tak mungkin bisa menjamah wilayah wetan. Semua karena perlindungan gunung Bibi".

Keyakinan daya linuwih gunung Bibi diyakini oleh masyarakat Jawa. Tentu saja demi keselamatan ini selalu disediakan sesaji khusus. Misalnya wilujengan. 

Seperti pada kali ini wilujengan dilakukan oleh para juru kunci. Sesaji terdiri dari jajan pasar, pala pendhem, tumpeng dan kembang setaman. Abdi dalem ulama berdoa dengan akulturasi agama dan budaya. 

Dhedhep tidhem sabawane ratri. Suasana hening senyap. Karena wibawa pesanggrahan Pracimaharja. Angin sumilir sejuk menandakan donga puji pangastuti terkabul.

Oleh: Purwadi. 

Ketua Lembaga Olah Kajian Nusantara, LOKANTARA. . Hp 087864404347




















Tidak ada komentar:

Posting Komentar